Pendidikan

4 Alasan Penting Mengapa Blended Learning Harus Diterapkan di Sekolah

Seiring dengan perkembangan jaman, banyak juga terobosan baru yang ditemukan. Salah satunya adalah dibidang pendidikan. Metode sekolah Blended Learning banyak digunakan saat ini karena dirasa mampu mengembangkan potensi anak lebih baik. Apa itu pembelajaran blended dan apa pentinya? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

4 Alasan Penting Pembelajaran Blended Digunakan

1. Proses belajar mengajar lebih fleksibel

Sistem pembelajaran blended atau campuran ini mempunyai banyak keunggulan bagi siswa dan juga guru pengajar. Salah satu alaan mengapa Sistem pembelajaran blended ini penting dilakukan adalah karena menggunakan sistem belajar mengajar yang fleksibel. Hal ini karena murid tidak selalu dituntut untuk datang ke sekolah setiap hari.

Pembelajaran juga bisa diakses menggunakan internet. Sehingga waktu belajar dan lokasi pembelajaran tidak monoton di sekolah saja. Murid dan guru bisa melakukan proses belajar dan mengajar dari mana saja sesuai dengan kondisi. Sehingga akan menciptakan suasana belajardan mengajar yang baru dan menyenangkan.

2. Kondisi belajar mengajar lebih interaktif

Perkembangan teknologi dan internet jaman sekarang membuat banyak terobosan baru dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Dengan menggunakan blended learning ini maka murid diharapkan menjadi lebih aktif. Hal ini kerena penyampaian materi tak hanya satu arah saja.

Materi pendidikan bisa disampaikan dengan cara yang beragam tak hanya sebagai tulisan saja. Materi berupa video atau foto dan gambar bisa menjadi penambah keseruan proses belajar. Terlebih saat melakukan e-learning, maka biasanya sekolah akan memberi fasilitas live class atau online chat yang membuat murid lebih bisa berinteraksi dengan guru.

3. Proses belajar lebih efektif

Alasan mengapa blended learning ini penting dilakukan adalah karena bisa membentuk kedisiplinann dan kemandirian murid. Proses belajar mengajar lebih terasa efektif karena murid bisa menentukan waktu belajarnya sendiri dengan metode yang disukainya. Hal ini karena kemampuan masing masing murid dalam belajar berbeda.

Sehingga murid tak lagi harus menjalani proses belajar mengajar yang konvensional dengan duduk di dalam kelas mendengarkan guru. Namun dengan Sistem pembelajaran blended ini murid dan guru akan mempunyai interaksi yang seru. Sehingga murid tak lagi malu untuk bertanya bila tidak mengerti salah satu jenis pelajaran.

4. Menghemat waktu dan energi

Salah satu alasan mengapa Sistem blended learning ini penting adalah mempu menghemat energi dan waktu. Murid dan guru akan memerlukan waktu dan tenaga untuk berangkat ke sekolah. Namun waktu selama menempuh perjalanan tersebut akan bisa digunakan untuk belajar dan bisa menjadi lebih efisien.

Proses pembelajaran di sekolah saat ini banyak berkembang. Tak hanya datang ke sekolah, duduk dan mendengarkan guru namun juga banyak kegiatan lain yang membuat anak lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Pilihan Sekolah Murid Merdeka yang berkualitas dengan guru dan fasilitas lengkap akan membantu pembelajaran anak lebih menyenangkan.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Pendidikan