Tak Berkategori

Alasan Mengapa Blended Learning Banyak Diminati oleh Pelajar

Alasan Mengapa Blended Learning Banyak Diminati oleh Pelajar

Saat ini, kegiatan belajar mengajar tidak hanya dilakukan secara tatap muka namun juga secara daring. Metode pembelajaran yang menggunakan dua cara ini, yaitu tatap muka dan daring, disebut dengan blended learning atau pembelajaran campuran. Banyak pelajar yang lebih menyukai metode ini karena berbagai alasan. Apa saja alasan tersebut?

4 Alasan Pembelajaran Campuran Lebih Disukai

1. Menggunakan Media Pembelajaran yang Lebih Variatif dan Menarik

Salah satu alasan mengapa blended learning banyak diminati khususnya oleh pelajar di Indonesia adalah media pembelajarannya. Jika sekolah konvensional atau sekolah tradisional lebih banyak menggunakan buku fisik sebagai media utama pembelajarannya, sekolah dengan metode ini berbeda.

Pembelajaran campuran biasanya banyak mengandalkan teknologi yang mutakhir sehingga media belajar lebih variatif. Contohnya yaitu belajar menggunakan video interaktif. Biasanya, siswa lebih tertarik dengan media video dibandingkan tulisan di papan tulis atau membaca buku sehingga siswa dapat lebih memperhatikan materi yang diberikan.

2. Feedback yang Cepat

Metode pembelajaran campuran ini biasanya menggunakan Learning Management System (LMS). Dengan menggunakan LMS, segalanya akan menjadi lebih cepat. Contohnya, saat ujian siswa akan langsung mendapat nilainya. Selain itu, siswa juga dapat mengetahui mana saja jawaban yang salah tersebut sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran kedepannya.

3. Dapat Menyesuaikan Kecepatan Belajar Masing-masing

Dengan metode pembelajaran konvensional, biasanya kecepatan belajar antar siswa dalam satu kelas disamakan. Padahal, setiap orang berbeda-beda. Termasuk kemampuan seseorang dalam hal belajar. Metode pembelajaran campuran dapat mempermudah karena siswa menyesuaikan kecepatan belajar masing-masing karena kemudahan aksesnya.

4. Diskusi Menjadi Lebih Mudah

Metode blended learning ini dirasa para siswa mempermudah banyak hal, termasuk dalam hal berdiskusi. Dengan metode ini, siswa akan dipasangkan dengan siswa lain menjadi satu kelompok. Dengan berkelompok, siswa dapat saling berbagi materi serta pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

Tujuan adanya kelompok ini biasanya karena guru ingin memberikan tugas kelompok. Kelompok ini biasanya dibagi secara acar, tidak berdasarkan kecerdasan, kekayaan, ataupun yang lainnya. Dengan sistem yang acak ini, membuat siswa menjadi lebih membaur sehingga diskusi akan lebih berjalan serta evaluasi oleh guru lebih mudah untuk dilakukan.

5. Lebih Senang Dalam Belajar

Karena berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh metode pembelajaran campuran ini, siswa akan menjadi lebih senang saat kegiatan belajar mengajar. Perasaan senang ini sangat membantu, karena jika siswa senang maka materi yang disampaikan akan lebih diterima dengan baik ketimbang saat siswa merasa jenuh.

Nah, itu dia 4 alasan utama mengapa blended learning saat ini banyak disukai oleh pelajar di Indonesia. Karena berbagai manfaat serta kelebihannya, tidak heran banyak yang menyukai metode ini. Sekolah Murid Merdeka adalah sekolah yang menggunakan metode ini sehingga dapat Anda jadikan pilihan apabila anda mencari sekolah dengan metode pembelajaran campuran.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *