Kesehatan

Dokter Obgyn: Pengertian dan Spesialisnya

dokter obgyn jakarta

Dokter Obgyn: Pengertian dan Spesialisnya

Mayoritas orang mungkin tidak begitu familiar dengan istilah dokter obgyn, padahal bisa jadi telah berkonsultasi dengan dokter ini beberapa kali. Kali ini akan dibahas tentang apa itu dokter obgyn yang sangat berhubungan dengan perempuan. Bagi anda yang berdomisili di Jakarta bisa mencari dokter obgyn Jakarta terdekat untuk melakukan konsultasi.

Apa Itu Dokter Obgyn?

Dokter obgyn adalah dokter yang sangat erat dengan wanita dan ibu hamil karena spesialis dokter ini adalah menangani masalah seputar kehamilan dan kesehatan wanita secara umum, terutama pada bagian organ reproduksi. Obgyn sendiri merupakan sebuah akronim dari obstetri dan ginekologi dan memiliki gelar SpOG.

Obstetri memiliki kualifikasi khusus untuk menangani kehamilan, mulai dari melakukan program kehamilan hingga pasca persalinan. Dokter obstetri memiliki keahlian khusus untuk menangani berbagai masalah yang berkaitan dengan kehamilan. Tidak hanya itu, dokter obstetri juga dapat mendeteksi kehamilan yang memiliki resiko tinggi.

Dengan begitu, dokter obstetri akan memberikan beberapa rekomendasi dan saran yang terbaik untuk proses kehamilan hingga melahirkan. Jika anda memerlukan konsultasi terkait kehamilan, anda bisa mengunjungi dokter obgyn Jakarta untuk mendapatkan pemantauan secara intensif.

Berbeda dengan obstetri yang berfokus terhadap kehamilan, ginekologi merupakan keahlian khusus yang berhubungan dengan kesehatan wanita secara keseluruhan. Dokter yang memiliki keahlian di bidang ginekologi cocok untuk dikunjungi jika anda memerlukan konsultasi seputar menstruasi, kesuburan, alat kontrasepsi, dan masalah lain yang lebih umum.

Subspesialis Dokter Obgyn

Secara umum, dokter obgyn dapat menangani masalah seputar wanita dan kehamilan. Namun, ada sebagian kecil dokter obgyn yang mendalami satu keahlian yang disebut dengan subspesialis. Subspesialis pertama adalah pengobatan fetal-maternal yang bertugas untuk merawat pasien dengan resiko kehamilan tinggi, seperti bayi prematur dan tekanan darah tinggi.

Jika kondisi kehamilan anda memiliki resiko tinggi, anda bisa melakukan pengobatan di dokter obgyn Jakarta dengan subspesialis fetal-maternal. Subspesialis kedua adalah reproduksi endokrin dan infertilitas yang berkaitan dengan program kehamilan, seperti bayi tabung, transfer embrio, dan lain-lain. Subspesialis yang ketiga adalah onkologi.

Dokter obgyn dengan subspesialis ini memiliki keahlian khusus untuk melakukan diagnosis dan pengobatan terhadap kanker pada sistem reproduksi wanita, seperti kanker vulva, kanker ovarium, kanker uterus, dan lain-lain. Subspesialis yang keempat adalah bedah reproduksi dan pengobatan area panggul.

Sebagaimana namanya, subspesialis ini berfokus untuk melakukan operasi pada sistem reproduksi wanita dan mengobati masalah yang terjadi di area panggul. Anda bisa mengunjungi dokter obgyn dengan spesialis ini jika mengalami keluhan tidak nyaman saat buang air kecil, mengalami infeksi saluran kemih, dan keluhan serupa.

Secara singkat, dokter obgyn adalah dokter yang berfokus untuk menangani masalah yang berkaitan dengan wanita dan kehamilan. Jika anda mengalami gangguan sistem reproduksi, ingin konsultasi tentang kesuburan, melakukan program hamil, atau konsultasi kehamilan bisa mengunjungi dokter obgyn.

Informasi Kesehatan Lainnya : www.omdc.co.id

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Kesehatan