Kesehatan

Hindari Konsumsi Berlebih, Berikut 4 Makanan Dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi

 

Kesehatan mulut meliputi gigi dan gusi adalah sebuah hal yang harus diperhatikan dengan baik. Gangguan di organ tersebut akan membuat penderitanya sulit makan. Alhasil, tubuh menjadi lemah. jika kondisinya semakin buruk, maka anda harus segera datang menemui dokter gigi Jakarta. Lantas tahukan anda apa saja makanan dan minuman yang membuat gigi sakit? Berikut daftarnya. 

Makanan Dan Minuman Yang Buruk Untuk Gigi

  1. Permen Asam

Permen asam merupakan salah satu produk makanan yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan gigi dan mulut apabila dikonsumsi berlebihan. Kandungan asamnya yang tinggi berpotensi mengikis lapisan enamel pada gigi. Bahkan menyikat gigi setelah mengkonsumsi olahan tersebut malah akan semakin memperburuk kondisi enamel. 

Permen asam pada umumnya memiliki tekstur yang kenyal sehingga sisa permennya akan menempel pada gigi dengan mudah. Tanpa anda sadari, zat asam dan gula akan mengendap dan merusak gigi. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menyikat gigi setelah memberikan jarak sekitar 30 hingga 60 menit setelah konsumsi permen. 

  1. Jeruk

Jeruk merupakan produk kedua yang juga dapat memberikan efek buruk pada gigi, tentu konsumsi sekali dua kali tidak masalah. Hanya saja jika jumlahnya terlalu berlebih, maka kandungan asamnya akan mengikis lapisan enamel. Enamel yang mulai keropos akan menyebabkan gigi rentan rusak dan anda harus segera menemui dokter gigi Jakarta.

Ada satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari masalah tersebut, yaitu dengan segera minum air putih setelah makan jeruk. Sisa asam dari buah buahan akan lebih cepat hilang dibandingkan dengan asam yang berasal dari permen. Agar gigi lebih bersih, anda bisa berkumur menggunakan air putih beberapa kali.

  1. Minuman Beralkohol

Bukan hanya merusak organ dalam tubuh, konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan gigi dan mulut bermasalah. Alkohol ini dapat menyebabkan mulut menjadi kering karena produksi air liur yang berkurang. Padahal, air liur berfungsi untuk melindungi gigi. Selain itu, orang yang minum alkohol juga memiliki bau napas yang buruk.

  1. Es Batu

Konsumsi es batu juga bisa menjadi alasan mengapa gigi rusak. Terlebih jika anda memiliki kebiasaan untuk menggigit es tersebut. Meskipun terlihat sepele, namun kegiatan semacam ini berpotensi menyebabkan gigi retak atau patah. Pada akhirnya, gigi yang sebelumnya baik baik saja menjadi lebih sensitif dan membuat anda tidak nyaman.

Berbagai keluhan gigi memang bisa diselesaikan jika anda datang mengunjungi dokter gigi Jakarta. Namun penting bagi anda untuk menghindari beberapa makanan dan minuman yang telah disebutkan tadi dari konsumsi yang berlebihan. Anda pasti tahu bahwa yang namanya  mencegah selalu lebih baik dibandingkan dengan mengobati. 

Pengobatan yang dilakukan oleh dokter juga pasti ada batasannya. Jika dibiarkan berlarut larut, maka treatment yang harus anda terima akan jauh lebih panjang. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi biaya pengobatan yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga baik bagi kesehatan rongga mulut.

info lengkap kunjungi : https://www.omdc.co.id/

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan