Pendidikan

Ini Dia Unsur dalam Pembelajaran Blended Learning dan Kelebihannya!

Blended learning menjadi metode pembelajaran yang banyak dibicarakan. Pandemi Covid-19 ini telah mengubah wajah pendidikan di Indonesia begitu pula dengan aktivitas masyarakat dan bidang yang lainnya. Jika dulu sistem mengajar dalam dunia pendidikan tatap muka atau offline kini sudah mulai berubah dan bertransformasi dalam berbagai macam model salah satunya dengan model pembelajaran campuran atau blended.

Metode campuran atau blended ini sering salah diartikan dengan pembelajaran daring atau online. Hanya saja hal tersebut tidak tepat karena metode pembelajaran ini mengkombinasikan antara tatap muka dengan daring atau online. Metode blended ini merupakan penyempurnaan dari metode e-learning yang hanya mengkhususkan siswa untuk melakukan belajar daring.

Unsur Blended Learning

Ada berbagai macam unsur yang diperhatikan untuk menerapkan metode pembelajaran campuran atau blended ini. Yang pertama adalah tatap muka. Unsur ini bukan menjadi hal baru di dalam dunia pendidikan terutama di Indonesia. Dalam pembelajaran tatap muka ini guru lebih aktif dibandingkan dengan siswa sehingga sering terjadi ketimpangan interaksi.

Unsur yang lainnya adalah mandiri. Dengan metode blended satu ini siswa bisa memiliki kesempatan belajar mandiri karena proses belajar tidak hanya berpusat pada guru atau pengajar saja.

Unsur lain yang diperhatikan adalah aplikasi masalah dengan menggunakan konsep. Pengajar atau guru atau fasilitator akan memberikan materi dengan konsep basis masalah. Secara tidak langsung para siswa dituntut untuk memberikan atau mencari solusi terhadap konsep yang ada. Yang terakhir adalah evaluasi metode pembelajaran untuk bisa mengukur tingkat efektivitas proses pembelajaran di ruang kelas atau virtual.

Kelebihan

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan metode pembelajaran blended seperti berikut ini:

  • Fleksibel

Kelebihan yang pertama adalah memberikan fleksibilitas yang tinggi. Siswa atau pengajar bisa belajar kapan saja dimana saja. Dengan metode itu siswa dan guru tidak harus bertemu dan datang setiap harus ke sekolah.

Proses pembelajaran bisa dilakukan secara daring dalam setiap kesempatan. Sesuai dengan kesepakatan, pengajar bisa meminta para siswa untuk bisa melakukan pertemuan di dalam kelas untuk memberikan pengarahan, masukan dan juga saran terhadap materi yang telah diajarkan.

  • Materi Lebih Interaktif

Kelebihan lainnya adalah materi yang jauh lebih interaktif. Dalam kelas konvensional mengajar sering menggunakan buku atau layar yang ditulis di papan. Dengan metode satu ini pengajar bisa memberikan berbagai macam materi pembelajaran seperti video interaktif, video penjelasan dari dosen, materi e-book, sampai dengan materi berupa podcast. Pengajar juga bisa melakukan beberapa sesi khusus, seperti live session, live chat dan juga webinar. Pengajar juga bisa memberikan materi kuliah kepada para siswa.

Anda bisa mempercayakan pendidikan buah hati Anda di Sekolah Murid Merdeka atau SMM. Sekolah unggulan satu ini menerapkan pembelajaran dengan blended learning yaitu menggabungkan pembelajaran luring dan daring, dengan belajar di SMM anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang seru dan lebih menyenangkan sehingga minat belajar meningkat, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Pendidikan