Kesehatan

Klinik Dokter Umum, Apa Saja Tugas dan Fungsinya?

klinik dokter umum

klinik dokter umum

Klinik Dokter Umum, Apa Saja Tugas dan Fungsinya?

Sebagaimana sebutannya, dokter umum merupakan dokter yang berfokus untuk menangani keluhan pasien yang bersifat umum. Dokter ini juga dikenal sebagai dokter tingkat pertama karena berperan untuk melakukan pencegahan, memberikan diagnosis, dan merujuk ke dokter spesialis. Jika anda mengalami keluhan yang umum, anda bisa mengunjungi klinik dokter umum.

Tugas dan Fungsi Dokter Umum

Dokter umum dan dokter spesialis memiliki perbedaan yang mendasar, yaitu layanan kesehatan yang diberikan. Dokter umum memiliki peran penting untuk memberikan perawatan medis di tahap awal dan secara berkelanjutan kepada pasien. Jika terdapat gejala yang sekiranya membutuhkan penanganan khusus, dokter umum akan memberikan rujukan kepada dokter spesialis.

Biasanya, dokter umum bekerja di rumah sakit, puskesmas, atau klinik pribadi. Dokter umum haru memiliki beberapa keahlian untuk melakukan pelayanan kepada pasien. Ketika anda melakukan pemeriksaan ke dokter umum, anda akan diwawancarai seputar medis untuk mengetahui penyakit apa yang anda derita atau informasi lain yang masih berhubungan dengan penyakit tersebut.

Hal ini merupakan salah satu tugas dari dokter umum untuk mendeteksi penyakit anda dan memberikan diagnosis. Setelah itu, dokter akan memberikan resep obat sesuai dengan yang anda butuhkan. Klinik dokter umum juga memiliki fungsi untuk melakukan rehabilitasi bagi pasien untuk mencegah penyakit komplikasi lebih lanjut.

Jenis-Jenis Penyakit yang Bisa Ditangani Oleh Dokter Umum

Karena dokter umum bertugas untuk menangani masalah kesehatan yang umum, maka ada beberapa jenis penyakit yang tidak bisa ditangani oleh dokter umum. Namun, ketika menemui pasien dengan diagnosa penyakit yang tidak bisa ditangani oleh dokter umum, maka akan diberikan tujukan ke dokter spesialis.

Di antara beberapa penyakit yang bisa ditangani oleh dokter umum adalah infeksi saluran pernapasan, seperti radang tenggorokan, flu, amandel, dan laringitis. Jika anda mengalami gejala penyakit tersebut, anda bisa datang ke puskesmas, rumah sakit, atau klinik dokter umum. Anda juga bisa melakukan perawatan kepada dokter umum jika mengalami mabuk perjalanan atau demam.

Dokter umum juga bisa menangani penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, seperti maag, asam lambung, dan diare. Tidak hanya itu, anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter umum jika mengalami masalah kulit, seperti kudis, kurap, infeksi jamur, eksim atopik, atau masalah kulit lainnya.

Jika anda mengalami gejala penyakit yang tidak bisa ditangani oleh dokter umum, maka anda akan diberikan perawatan awal dan dokter akan memastikan kondisi anda stabil supaya tidak mengalami komplikasi yang lebih serius. Setelah itu, anda akan dirujuk ke dokter spesialis sesuai dengan penyakit anda untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Memang tidak semua penyakit bisa ditangani oleh dokter umum, namun dokter umum merupakan tempat pelayanan pertama sebelum pasien dirujuk ke dokter yang bisa menangani. Diagnosis yang diberikan oleh dokter umum akan menentukan penanganan seperti apa yang akan anda peroleh.

Artikel Kesehatan Lainnya : https://www.omdc.co.id/

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Kesehatan