Peliharaan

Makanan Ikan Koi Alami yang Baru Menetas dan Pemberian Pakan yang Tepat

makanan ikan koi

Makanan ikan koi – Selain memilih indukan yang tepat, yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah pakan. Sama halnya dengan manusia, koi dan makhluk hidup lainnya membutuhkan pakan untuk menunjang kehidupannya. Pakan ini menjadi kunci keberhasilan bagi Anda yang sedang melakukan budidaya ikan koi. Selain pembenihan bibit pakan ini harus Anda perhatikan dengan baik, termasuk dengan pakan ikan koi yang baru menetas dimana membutuhkan perawatan yang extra dibandingkan dengan koi yang berukuran besar. Salah satu jenis pakan yang bisa Anda berikan adalah makanan alami. Makanan alami ini merupakan pakan yang terbaik karena tidak mengandung pengawet dan bahan lainnya yang berbahaya bagi kesehatan ikan koi ke depannya.

Pakan Alami Ikan Koi yang Baru Menetas

Ikan koi baru menetas ini masih lemah dan membutuhkan bantuan manusia dalam tumbuh dan kembangnya. Untuk bisa bertahan hidup Anda bisa memberikan koi yang baru menetas kutu air maupun organisme lainnya yang masih kecil. Saat memberikannya ini penting bagi Anda untuk melakukan penyaringan agar koi yang baru menetas ini bisa memakannya. Pakan alami lainnya yang bisa diberikan kepada koi yang baru menetas adalah alga dan juga ganggang. Setelah sudah besar makanan ikan koi ini akan berubah menjadi cacing sutera yang mana disesuaikan dengan kebutuhan ikan.

Pakan Tambahan

Jika makanan ikan koi alami tidak bisa mencukupi kebutuhan, Anda bisa memberikan pakan koi tambahan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan ikan koi tersebut. Pakan yang bisa diberikan adalah pelet yang mana terbuat dari tepung tulang ikan dan bisa juga diberikan pelet tepung dari ikan teri. Yang harus Anda ketahui dari pakan ikan koi ini adalah pakan tidak hanya bermanfaat untuk membuat tumbuh kembangnya terjaga namun pakan ini juga bisa digunakan untuk membuat warna ikan koi tetap cerah dan mengkilap.

 Pemberian Pakan

Yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah pemberian pakannya. Pakan koi yang sudah bagus harus ditunjang dengan pemberian pakan yang tepat. Untuk anakan koi ini ada baiknya jika kolamnya dipisah dengan yang dewasa selain itu jumlah pakan yang diberikan tidaklah sebanyak dengan koi dewasa. Proporsi jumlah pakan ikan koi kecil dan baby koi ini adalah 5% dari berat tubuhnya, tidak hanya itu saja pemberian pakan ini harus langsung habis dalam waktu kurang lebih 5 menit karena pakan yang tidak habis hanya akan tersisa dan mencemari kolam.  Terlalu banyak memberikan pakan juga hanya akan membuat ikan koi menjadi kekenyangan. Kotoran yang dikeluarkan ikan akan terlalu banyak dan hal ini menjadi kolam tidak nyaman kemudian banyak benih koi yang mati. Jika Anda berniat untuk memberikan pakan yang berbeda jangan langsung mengganti namun ada baiknya jika sedikit demi sedikit agar ikan koi bisa beradaptasi dengan pakan yang baru tersebut terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa informasi menarik tentang makanan ikan koi dan tips pemberian pakannya yang benar, semoga informasi ini bermanfaat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.