Pendidikan

Mulai Jadi Tren, Yuk Kenalan Lebih Jauh Konsep Sekolah Blended Learning

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, menciptakan model pembelajaran baru di sekolah. Dimana sekolah blended learning mulai banyak diterapkan, terlebih setelah terjadinya pandemi covid-19 yang memberikan perubahan dalam metode KBM. Lantas apa itu sistem pembelajaran blended learning sebenarnya? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Konsep Blended Learning

Blended learning merupakan istilah yang merujuk pada kegiatan belajar mengajar secara tradisional dan modern. Dimana kegiatan belajar mengajar secara tradisional yaitu metode yang sudah dikenal secara luas dan diterapkan sejak dulu di masyarakat. Seperti siswa datang ke sekolah secara langsung, mendapatkan materi, mengerjakan tugas, da lain sebagainya.

Intinya KBM secara tradisional memiliki sifat yang mengharuskan siswa datang ke sekolah secara langsung. Sementara itu, metode belajar mengajar modern adalah model pembelajaran yang menggunakan berbagai media online atau dikenal pula dengan sebutan e-learning. Perlu diingat bahwa e-learning ini bukan berarti siswa membawa gadget ke sekolah.

Namun pihak sekolah memberikan materi pembelajaran melalui audio maupun video. Sehingga itu berarti siswa tidak perlu datang langsung di kelas, karena sekolah blended learning membuat siswa bisa belajar dari mana saja dengan memanfaatkan media internet. Biasanya menggunakan fasilitas seperti aplikasi belajar, blog, dan lain sebagainya.

Metode Pendidikan 3 in 1

Konsep pembelajaran blended learning yang diterapkan umumnya memuat tiga poin penting, yang dilakukan dalam satu waktu. Yakni metode belajar di kelas seperti biasa, metode belajar dengan melakukan perekaman pra-materi oleh guru, serta metode belajar independen yang menggunakan pra-materi dari sekolah ditambah mencari bahan di internet.

Metode pembelajaran blended learning membuat fasilitator fokus untuk memberikan penjelasan serinci mungkin terkait materi yang disampaikan pada pra-materi. Kemudian saat waktunya belajar di dalam kelas, fasilitator atau dalam hal ini guru akan menambahkan praktik sampai memberikan contoh penerapan dari materi yang telah diberikan sebelumnya.

Sebagai contoh siswa diberikan sebuah materi mengenai air yang dapat menekan ke segala arah. Guru akan meminta peserta didik untuk mempelajarinya dan mencari di internet bagaimana bentuk praktikumnya. Kemudian siswa akan diajak untuk melakukan praktikum secara langsung terkait dengan materi tersebut.

Manfaat Pembelajaran Blended Learning

Dengan metode 3 in 1 yang diterapkan, sekolah blended learning memberikan berbagai manfaat untuk peserta didik. Mulai dari efisiensi secara biaya dan waktu, pembelajaran yang lebih fleksibel, meningkatkan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, sampai memudahkan untuk mengukur efektivitas KBM.

Melihat dari penjelasan mengenai konsep blended learning di atas, memang bisa dibilang bahwa model pembelajaran tersebut paling ideal diterapkan pada masa pandemi seperti sekarang. Jadi bagi anda yang mencari sekolah dengan sistem pembelajaran seperti ini, maka Sekolah Murid Merdeka bisa menjadi solusi. Tersedia jenjang dari PAUD sampai SMA yang bisa dipilih oleh peserta didik.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *