Teknologi

4 Istilah yang Wajib Anda Tahu Sebelum Membeli Mic Condensor

6. Mic Wireless Shure SVX

Bagi para vlogger atau streamer, perangkat yang menunjang rekaman adalah hal vital. Oleh sebab itu, para pegiat seni ini wajib membeli mikrofon kondensor agar hasil rekamannya sangat berkualitas. Piranti ini dapat menangkap suara dengan power yang lemah dan bisa mengurangi potensi noise, sehingga video yang diunggah nanti nyaman didengarkan. Mic condensor terbaik memiliki istilah yang penting untuk dipahami para vlogger, yuk intip 4 istilahnya di bawah ini!

4 Istilah yang Wajib Anda Tahu Seputar Mic Condensor

  1. Gelombang Suara

Istilah satu ini banyak didengar, tetapi sedikit yang memahaminya. Jika anda memetik gitar akan terdengar gangguan yang memecah udara dan inilah yang disebut dengan gelombang suara. Gelombang ini digambarkan dalam bentuk grafik yang disertai dengan amplitudo. Jarak dari titik di satu gelombang ke titik yang sama disebut panjang gelombang suara. Amplitudo biasanya disamakan dengan kebisingan dan digambarkan dengan tinggi bukit atau gelombang.

  1. Sistem Kerja Mikrofon

Mikrofon sendiri terdiri atas dua jenis, tetapi pada bagian hanya membahas satu jenis. Sistem kerja yang ditanam di dalam mic condensor terbaik adalah adanya kapasitor. Fungsi dari fitur ini menangkap suara dengan baik, bahkan yang memiliki power lemah sekalipun. Gelombang yang masuk membuat plat di depan kapasitor bergerak atau yang biasa disebut diafragma. Setelah itu, suara bergerak ke belakang dan membuat perubahan yang ada di kapasitansi.

  1. Sensitifitas

Kemampuan satu ini menjadi patokan yang tepat untuk mengukur output listrik yang dapat diproduksi oleh mikrofon. Jika anda ingin mengetes kualitas mikrofon, cara ini bisa diambil sebagai cara tepat dan jitu. Tidak hanya itu, membandingkan beberapa mic juga dapat anda lakukan serta mengetahui tingkat sensitifitasnya. Mic dengan output voltase yang tinggi, biasanya memiliki sensitifitas yang tinggi dan dapat menangkap suara lebih baik daripada lainnya.

  1. Sound Pressure Level Maksimal

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk mengetes performa mic adalah dengan SPL atau sound Pressure Level maksimal. Besarannya dinilai dengan satuan decibel (dB) dan volume yang dihasilkan bisa diatasi tanpa ada distorsi. Dengan begitu, anda juga dapat menentukan piranti mic condensor terbaik untuk hasilkan video yang berkualitas tinggi. Suara yang bisa ditangkap oleh mikrofon menjadi tolak ukur kualitas video karena suara yang ditangkap harus jelas.

Pegiat seni di kanal sosial media tentu mengandalkan piranti mumpuni agar video yang anda hasilkan bersaing dengan orang lain. Persaingan di dunia industri kreatif sangat ketat, sehingga memiliki mikrofon kondensor terbaik untuk hasilkan rekaman berkualitas sangat penting. Ada 4 istilah yang wajib anda tahu sebelum terjun ke dunia ini, yaitu gelombang suara, sistem kerja mikrofon, sensitifitas dari mikrofon, dan sound pressure level (SPL) maksimal.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Teknologi