Kesehatan

3 Dampak Buruk Terlalu Sering Mandi Untuk Bayi

Ibu memandikan bayi baru lahir

Mandi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk membuat badan tetap bersih. Akan tetapi tahukah anda jika mandi untuk bayi yang baru lahir tidak boleh dilakukan dengan sering? Jika anda hendak memandikannya harus memperhatikan jam mandi yang baik untuk bayi. Berikut 3 dampak buruk terlalu sering mandi untuk bayi.

3 Dampak Buruk Sering Mandi Untuk Bayi

  1. Kulit Kering

Dengan mandi kita memang bisa menghilangkan berbagai kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh, namun tahukah anda jika bayi yang terlalu sering mandi kulitnya bisa jadi sangat kering. Kulit yang kering bisa membuatnya gampang teriritasi. Anda hanya perlu memandikan bayi sekitar 2 kali sehari dan jangan lebih karena ditakutkan akan mempengaruhi kulit si kecil.

Jika anda memandikannya menggunakan sabun, pilihlah sabun yang aman. Tak semua sabun bisa digunakan untuk kulit bayi. Sabun orang dewasa memiliki kandungan yang lebih keras sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Awal mula penyebab iritasi bisa dikarenakan kondisi kulit yang kering sehingga anda harus memperhatikan jadwal mandi bayi.

  1. Iritasi 

Dampak buruk mandi terlalu sering dan tidak memperhatikan jam mandi yang baik untuk bayi adalah kulit bayi bisa mengalami iritasi. Iritasi yang terjadi merupakan bentuk lanjut dari kulit yang kering. Jika kulit bayi kering, akan mudah terjadi luka kecil yang tidak para ibu sadari. Kulit juga akan lebih sensitif sehingga saat bayi diberikan sebuah produk perlengkapan mandi bayi akan menimbulkan reaksi.

Gejala iritasi yang muncul bisa berupa ruam atau bintik merah. Gejala ini juga seringkali bisa disebabkan oleh terlalu seringnya kulit bayi terkena sabun. Walaupun sabun itu aman dan khusus bayi, bukan berarti penggunaannya yang berlebihan bisa dibenarkan. Para ibu tidak boleh lupa sensitifitas kulit bayi lebih tinggi dibandingkan dengan kulit orang dewasa. 

  1. Hipotermia

Bayi yang baru lahir belum memiliki cadangan lemak yang banyak dibawah kulit sehingga bayi menjadi mudah kedinginan. Tahukah anda jika salah satu fungsi lemak adalah untuk menghangatkan tubuh? Mekanisme ini belum sepenuhnya berfungsi pada tubuh bayi sehingga ibu harus mencegah bayi merasa kedinginan.

Selain itu juga tak baik jika ibu terlalu sering memandikannya tanpa memperhatikan jam mandi yang baik untuk bayi karena ditakutkan bisa menyebabkan bayi mudah terserang penyakit. Terlalu lama terpapar udara bisa menyebabkan bayi mudah terserang flu. Flu merupakan penyakit yang umum menyerang manusia namun gejala yang timbul pada bayi bisa berakibat sangat buruk.

Menjaga kesehatan bayi adalah prioritas yang harus diperhatikan karena daya tahan tubuh mereka masih sangat rentan. Hal ini jelas berbeda dengan orang dewasa. Selain itu tak semua obat bisa digunakan untuk bayi. Oleh karena itu langkah yang paling tepat adalah melakukan pencegahan agar bayi tidak sakit.

Demikianlah 3 hal buruk yang bisa terjadi jika anda terlalu sering memandikan bayi. Selama bayi baru lahir, sahakan tidak terlalu sering membuatnya kontak secara langsung dengan air. Anda bisa cek ke blog official Mitu Baby Care untuk mengetahui lebih banyak panduan merawat si kecil.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Kesehatan