Teknologi

Ternyata Ini Kelebihan Kabel Mic XLR Jack Daripada Kabel Mic Biasa

Konektor XLR NC4FXX

Kelebihan kabel mic xlr jack daripada kabel mic biasa – Dalam dunia musik maupun hal-hal yang berhubungan dengan audio, microphone mengambil peran cukup penting karena kerap digunakan untuk perekaman vokal, instrumen musik, konser, hingga karaoke. Microphone sendiri banyak tipenya, mulai dari carbon mic, liquid mic, fiber optic mic, ribbon mic, electret mic, condenser mic, laser mic, crystal mic, hingga cardioid mic.

Selain menggunakan kabel mic bawaan, kabel pada mic umumnya menggunakan kabel XLR. Ternyata mic dengan kabel XLR memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan mic kabel biasa. Lantas apa kelebihan dari kabel XLR untuk mic? Simak penjelasan lengkap mengenai kelebihan kabel XLR untuk mic di bawah ini.

Konektor XLR NC4FXX

Kualitas Suara Lebih Bersih Dari Noise

Kelebihan mic kabel XLR yang pertama adalah mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih bersih dan minim noise. Bahkan Anda dapat membuktikannya dengan melakukan suatu percobaan test sound antara mic kabel biasa dengan mic kabel XLR. Tempatkan stand mic dengan jarak 100 m dari audio mixer. Bagaimana hasilnya? Kualitas suara yang dihasilkan mic kabel XLR cenderung lebih bersih dan minim noise jika dibandingkan dengan mic kabel biasa yang “ramai”noise.

Kualitas Suara Lebih Sensitif dan Kuat Meskipun Dengan Volume Gain yang Sama

Jika Anda membandingkan kekuatan suara antara mic XLR jack dengan mic kabel biasa, akan terdapat perbedaan kekuatan suara yang cukup terdengar. Kualitas suara yang dihasilkan mic kabel XLR cenderung lebih sensitif dan lebih kuat jika dibandingkan dengan mic kabel biasa, mengapa bisa demikian?

Kabel XLR terdiri dari tiga layer atau konduktor, yaitu shield atau selubung luar, dan juga kabel sinyal positif dan sinyal negatif. Berbeda dengan kabel biasa yang hanya memiliki dua layer yakni shield atau selubung luar dan kabel sinyal positif.

Lantas mengapa kabel XLR menggunakan tiga layer? Apa fungsi dari masing-masing kabel tersebut? Kabel satu dan kabel dua berfungsi sebagai kabel sinyal positif dan sinyal negatif, dimana kabel gelombang satu menghasilkan gelombang ke atas dan kabel dua menghasilkan gelombang ke bawah. Noise yang berada pada kabel satu dan kabel dua cenderung memiliki sifat yang sama, dan noise-noise tersebut dapat muncul akibat dari gangguan sinyal seperti sinyal radio, handphone, tv, dan sinyal listrik lainnya.

Lalu selanjutnya ketika masuk dalam tahap pemrosesan di dalam audio mixer, sinyal tersebut akan dibalik. Gelombang yang tadinya berlawanan arah akan dibalik, sehingga berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih kuat. Noise yang sebelumnya bersifat sama di kabel satu dan kabel dua, menjadi saling menghilangkan atau saling mengurangi karena posisinya yang dibalik. Sehingga resultan atau hasil dari gelombang tersebut akan murni, jernih, dan minim noise.

Itulah kelebihan mic kabel XLR jack daripada mic kabel biasa. Ternyata dengan menggunakan kabel XLR, kualitas suara menjadi minim noise karena noise akan saling mengurangi dengan sendirinya. Suara vokal yang dihasilkan pun menjadi lebih kuat, murni, dan jernih.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Teknologi