Teknologi

2 Macam PLTS Atap yang Bisa Anda Gunakan di Rumah

PLTS Atap atau yang dikenal dengan panel surya adalah salah satu perangkat yang memanfaatkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Dinilai lebih ramah lingkungan, saat ini banyak orang yang mulai menggunakan energi listrik satu ini. namun, bagi anda yang masih awam, berikut ini beberapa macam atau jenis panel surya yang bisa dipasang di rumah.

 

Berbagai Jenis Panel Surya Yang Bisa Anda Pasang Di Rumah

  1. Sistem Grid Tie dengan EXIM, Menggunakan Baterai

Pertama, anda bisa menggunakan sistem grid Tie dengan EXIM. Untuk jenis satu ini dapat digunakan menggunakan baterai. Dimana memiliki cara kerja yang mirip dengan tidak menggunakan baterai. Namun, hal yang membedakan adalah adanya penggunaan baterai pada rangkaian tersebut.

Sehingga dengan adanya rangkai tersebut akan mampu untuk memberikan energi listrik pada anda, walaupun listrik PLN tidak tersedia. Dengan adanya baterai tersebut dapat anda gunakan sebagai cadangan ketika listrik yang berasal dari PLN mati atau arus listrik yang tersedia cukup terbatas.

Akan tetapi, jenis dari PLTS Atap ini lebih disarankan pada pengguna yang memiliki listrik stabill. Sehingga nantinya untuk besaran dari inverter dan baterainya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Bagi anda yang tinggal di lingkungan perkotaan, tak ada salahnya untuk memilih jenis satu ini.

  1. Sistem Grid Tie Dengan EXIM, Tanpa Menggunakan Baterai

Selain itu, ada pula jenis lain yang bisa anda pilih, yang panel surya yang tanpa menggunakan baterai namun tetap memiliki sistem Grid Tie EXIM. Untuk anda yang ingin mencoba menggunakan panel surya dengan harga yang murah, dan memiliki kebutuhan listrik 220 VA, tak ada salahnya untuk menggunakan jenis yang satu ini.

Untuk pemasangan jenis satu ini pun terbilang cukup mudah dan juga sangat cepat. Tak hanya itu saja, perawatannya sendiri juga bisa anda lakukan secara mandiri. Sebab, ketika anda memasang panel surya, maka biasanya perawatan tersebut telah dilakukan saat waktu pemasangan.

Caranya yakni dengan memastikan bahwa tidak terdapat bayangan yang jatuh pada rangkaian tersebut. Namun, untuk pemasangan jenis PLTS Atap ini terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, harus berada di jaringan listrik PLN selama 24 jam penuh. Hal tersebut dikarenakan sistem grid satu ini memang perlu sinkronisasi daya PLN untuk memicu energi listrik.

Itulah dua jenis dari panel surya yang bisa dipasang di rumah anda. Apabila anda tertarik melakukan pemasangan, maka ada baiknya anda bisa menghubungi SUN Energy. Dengan menggunakan panel surya, tentunya anda bisa menghemat biaya listrik dan menciptakan lingkungan yang lebih ramah. Sebab, seperti yang anda tahu bahwa energi listrik tidak akan pernah habis sampai kapanpun. Hal ini beda dengan sumber daya alam yang bisa habis.

 

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Teknologi