Kesehatan

4 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Pasien Setelah Operasi Jantung

Operasi bypass di bagian jantung bukanlah operasi sederhana, karena resiko yang dimilikinya cukup besar. Sangat besar kemungkinan bagi pasien untuk mengalami komplikasi. Setiap pasien yang baru saja menjalani operasi harus menerapkan apapun yang telah disarankan oleh dokter. Yuk simak hal hal penting yang harus dilakukan pasien setelah operasi bypass jantung di sini!

Daftar Hal yang Diperhatikan Setelah Bypass Jantung

  1. Mengawasi Tanda Tanda Infeksi

Hal pertama yang perlu anda lakukan setelah menjalani bypass jantung adalah mengawasi tanda tanda infeksi. Tanda tanda tersebut sangat beraga, contohnya adalah demam, pendarahan, dan nyeri yang tidak tertahan. Jika gejala semacam ini muncul, maka anda perlu datang untuk berkonsultasi pada dokter. Akan sangat berbahaya, jika hal tersebut dibiarkan dan tidak ditangani.

Tanda tanda infeksi yang muncul di awal lebih mudah untuk ditangani, daripada saat infeksinya telah menyebar. Apalagi jika infeksi tersebut sampai mengganggu kinerja organ yang ada di dalam tubuh. Sebelum terlambat, lebih baik ungkapkan saja ada atau tidaknya gejala infeksi saat sesi kontrol atau check up ke dokter.

Baca Juga : Proses Terjadi Gagal Jantung

  1. Rutin Membersihkan Luka Pasca Operasi

Saat melakukan bypass jantung, dokter akan membuka dada pasien untuk mengakses area jantungnya. Kegiatan itu pasti menimbulkan luka di bagian yang dalam dan panjang. Penting bagi anda untuk membersihkan luka pasca operasi bypass jantung dengan baik. Luka tersebut sangat rentang mengalami infeksi jika penangannya salah.

Saat hendak membersihkan luka, anda tetap harus mengikuti anjuran atau nasehat yang dokter berikan. Jangan gunakan produk produk yang tidak diresepkan, terlebih jika lukanya masih baru. Anda pun harus menggunakan alat alat yang steril, agar tidak ada kuman atau bakteri yang masih ke jaringan luka. Jika anda rasa luka bermasalah, segera tanyakan pada dokter.

  1. Rutin Kontrol Ke Dokter Jantung

Orang yang baru saja menjalani operasi bypass pasti harus rutin check up ke dokter. Hal ini dilakukan, agar dokter dapat menilai bagaimana perkembangan anda pasca operasi. Dokter sebagai tenaga medis yang menangani anda memiliki tanggung jawab penuh untuk memastikan bahwa segalanya aman. Di saat itulah, anda bisa bertanya apapun terkait dengan proses penyembuhannya.

  1. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Makanan yang bergizi akan sangat membantu proses penyembuhan luka. Salah satu jenis zat gizi yang dapat mempercepat proses pemulihan pasca operasi bypass jantung adalah protein. Anda bisa makan telur, tempe, atau ikan sebagai lauk untuk memenuhi kebutuhan akan zat tersebut. Selain itu, imbangi pula menu harian anda dengan buah dan sayur.

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan setelah menjalani operasi bypass jantung. Jagalah tubuh anda dengan baik, setidaknya sampai luka benar benar sembuh dan tidak ada lagi rasa sakit yang tertinggal. Ada baiknya bagi anda, untuk sedikit membatasi kegiatan, dan jangan sampai terlalu lelah. Aktivitas yang berat tidak baik untuk orang yang memiliki riwayat jantung.

Baca juga selengkapnya mengenai operasi bypass jantung disini.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Kesehatan