Kesehatan

4 Trik Pintar Untuk Membujuk Anak yang Takut Untuk Datang Ke Dokter

Bagi sebagian anak, klinik menjadi salah satu tempat yang sangat menakutkan. Mereka sudah membayangkan berbagai peralatan kesehatan yang menyeramkan seperti misalnya alat suntik. Meskipun tujuannya dibawa ke dokter hanya untuk monitoring perkembangan, namun mindset itu sulit untuk diubah. Berkaitan dengan masalah ini, berikut 4 trik mengajak anak ke klinik spesialis anak.

Tips Membujuk Anak Untuk Mengunjungi Dokter

  1. Jelaskan Treatment Seperlunya Saja

Saat hendak membawa anak ke dokter, cobalah untuk menjelaskan treatment apa yang akan mereka dapatkan di sana tanpa menjelaskan hal hal yang menakutkan. Gunakan bahasa yang santai dan mudah mereka pahami. Jika anda pun terlihat was was, maka si kecil akan semakin takut. Buatlah seolah olah datang ke dokter hanya lah hal yang biasa dan umum dilakukan. 

  1. Jangan Menakut Nakutinya

Orang tua adalah sosok yang paling dipercaya oleh anak anak. Terkadang ada saja orang tua yang iseng dan menakuti anak anaknya saat hendak datang ke dokter. Mungkin kekhawatiran mereka terlihat menggemaskan bagi anda. Namun lama kelamaan, si kecil akan menjadi ketakutan saat hendak pergi ke klinik kesehatan dan andalah yang akan kerepotan setelahnya.

Selain itu ajaklah mereka dengan cara yang baik dan tidak dengan ancaman. Kebiasaan ini akan menyebabkan suasana saat hendak datang ke klinik spesialis anak menjadi menyeramkan. Meskipun pada akhirnya mereka ikut ke dokter, namun kemungkinan besar mereka akan rewel di sana. Hal tersebut terjadi karena mood atau suasana hatinya sedang buruk. 

  1. Memberikan Imbalan 

Tips ketiga yang juga telah dipraktekkan oleh banyak orang tua adalah dengan memberikan imbalan setelah si kecil pulang dari klinik. Imbalannya tidak perlu berupa barang yang mahal. Cukup belikan saja maianan atau jajanan sederhana yang mereka suka. Dengan begitu, mereka kana lebih tenang dan karena tahu ada hal menyenangkan yang akan diperoleh setelahnya. 

Setelah berjanji, usahakan untuk selalu menepatinya. Anda akan kehilangan kepercayaan anak jika mengingkari janji yang telah dibuat. Mereka menjadi kecewa dan merasa dipermainkan. Setelah peristiwa itu, maka anda akan semakin sulit membawanya ke dokter. Dan cara ini tidak bisa anda gunakan lagi karena anak sudah tidak mempercayainya.

  1. Membawa Mainan Kesukaannya

Anda bisa membawa mainan kesayangan si kecil saat hendak datang ke klinik spesialis anak. Mainan itu bisa sedikit menenangkan anak jika mereka mendadak rewel saat ada di ruang dokter. Jumlah mainan yang dibawa juga tidak perlu banyak banyak. Cukup satu saja yang selalu mereka bawa kemana mana. Setidaknya benda tersebut bisa membuatnya lebih tenang.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan jika anak sulit diajak ke dokter. Agar anak mudah dibawa ke klinik, lebih baik biasakan mereka untuk datang ke sana sejak kecil. Apabila pengalaman pertamanya ke dokter saat sudah memasuki usia 7 tahun, maka mereka sudah banyak mendengar informasi betapa menakutkannya pergi ke sana.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Kesehatan