Kesehatan

Cara Membedakan Praktek Dokter Gigi Legal dan Ilegal

klinik gigi asli vs ilegal

 

Kesehatan gigi merupakan aspek penting yang wajib diperhatikan oleh semua orang. Seiring dengan berkembangnya zaman, kesadaran mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan gigi semakin meningkat. Kondisi ini tentu saja membuat peran dokter gigi menjadi begitu dibutuhkan. Tingginya kebutuhan tersebut, menyebabkan jumlah dokter gigi juga makin banyak.

Banyaknya jumlah dokter gigi ini terkadang membuat Anda kebingungan dalam memilih mana yang legal dan ilegal. Sebagai pasien, Anda tentu harus cermat dalam memilih dokter gigi legal agar tidak mengalami dampak buruk pada kesehatan gigi. Berikut adalah beberapa cara membedakan praktek dokter gigi legal dan ilegal.

Reputasi

Ada baiknya sebelum menentukan pilihan, Anda bisa terlebih dahulu mencari tahu mengenai reputasi dokter gigi tersebut. Caranya cukup mudah dimana Anda bisa mengecek akun sosial media dokter gigi yang bersangkutan. Apabila Anda menemukan banyak testimoni berbobot dari para pasiennya itu artinya dokter gigi ini memiliki reputasi yang baik.

Sebaliknya, jika Anda sulit untuk menemukan testimoni, maka sebaiknya mencari dokter gigi alternatif. Selain melalui sosial media, Anda juga bisa mengecek reputasi dokter gigi dengan menanyakan orang terdekat yang pernah menjadi pasiennya. Salah satu ciri dokter gigi bereputasi baik adalah memiliki banyak pasien.

Mengecek izin praktek

Cara membedakan praktek dokter gigi legal dan ilegal yang paling efektif adalah dengan melakukan pengecekan terhadap izin prakteknya. Dalam konteks ini, berkas administrasi izin praktek yang harus dimiliki dokter gigi legal. Kedua berkas tersebut terdiri dari Surat Izin Praktek (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR). Bahkan dikarenakan perkembangan teknologi, Anda bisa mengecek keaslian kedua surat ini secara online. Caranya yaitu dengan mengakses portal konsil kedokteran Indonesia.

Pengoperasian izin praktek

Ternyata, Anda tidak hanya harus mengecek kelengkapan administrasi berupa SIP dan STR. Lebih dari itu, Anda juga wajib mengecek pengoperasian izin dokter gigi. Surat izin ini biasanya ditempatkan pada bagian meja resepsionis. Apabila Anda ragu, maka bisa memastikan keasliannya dengan melakukan konfirmasi kepada petugas resepsionis. Jika Anda tidak menemukan surat izin ini maka lebih baik mencari dokter gigi lainnya.

Pengelolaan limbah

Kesehatan dan juga kebersihan merupakan dua aspek yang tidak terpisahkan. Korelasi antar kedua aspek ini tentu saja berlaku dalam dunia kedokteran gigi. Anda dapat menilai tingkat kebersihan dan kelayakan dari sebuah klinik dokter gigi dengan memperhatikan pengelolaan limbahnya.

Apabila limbah dikelola secara sembarangan maka Anda tidak disarankan untuk melakukan perawatan gigi disini. Ini dikarenakan perilaku membuang limbah sembarangan menjadi cerminan pelayanan dokter gigi terhadap pasiennya.

Harga

Satu lagi cara membedakan praktek dokter gigi legal dan ilegal yang bisa Anda terapkan adalah dengan mempertimbangkan dari segi harganya. Anda sebaiknya tidak mudah tergiur dengan dokter gigi yang menawarkan jasanya secara murah. Sebaliknya, Anda seharusnya khawatir karena bisa jadi pelayanan yang diberikan kurang optimal karena merupakan jasa dokter gigi abal-abal. Sebelum memilih dokter gigi, sebaiknya Anda mencari informasi mengenai harganya.

Seiring dengan peningkatan kesadaran akan kesehatan gigi, masyarakat semakin rajin melakukan perawatan rutin. Kondisi ini tentu saja membuat keberadaan dokter gigi menjadi begitu dibutuhkan. Sayangnya, ada beberapa pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan keadaan ini untuk meraup keuntungan.

Caranya yaitu dengan menjadi dokter gigi abal-abal dan membuka praktek secara ilegal. Sebagai pasien yang cerdas, Anda tentu harus bersikap selektif dalam memilih dokter gigi. Agar nantinya, Anda tidak tertipu dengan oknum-oknum tidak bertanggung jawab seperti ini.

Baca Juga : Alasan Implan Gigi Lebih Baik Daripada Gigi Palsu

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Kesehatan