Kesehatan

Ini 6 Alasan Kenapa Memasang Implan Gigi Lebih Baik dari Gigi Palsu

Ada berbagai faktor yang bisa membuat seseorang harus kehilangan giginya, seperti kerusakan gigi, cedera, hingga penyakit gusi. Sebagai pengganti, seseorang dapat memakai gigi palsu yang permanen. Adapun salah satunya dengan memakai implan gigi. Metode implan adalah metode penggantian gigi asli dengan menanam akar gigi sintetis ke dalam rahang. 

Alasan Kenapa Harus Memasang Implan Gigi

Untuk menggantikan gigi asli yang tanggal, sebenarnya ada metode lain selain implan atau tanam gigi, yaitu dengan memasang gigi palsu. Akan tetapi, ada beberapa alasan kenapa Anda harus memilih pasang gigi implan, seperti berikut ini :

  • Tingkat Kenyamanan Sama dengan Gigi Asli

Gigi implan yang berhasil di pasang bisa memberikan kenyamanan sama seperti gigi asli. Hal ini berbeda dengan memasang gigi palsu sebab pemasangan gigi palsu bisa membuat kita kurang nyaman. Tanam gigi memungkinkan kita bisa mengunyah makanan dengan baik seperti memakai gigi asli. Tanam gigi juga bisa membuat Anda merasakan tekstur dan suhu makanan.

  • Daya Kunyah Sama Seperti Gigi Asli

Sebenarnya besarnya daya kunyah pada gigi palsu hanya 10% saja dari gigi yang asli. Hal tersebut berbeda dari penggunaan implan gigi dengan daya kunyah sekitar 70-90%, sehingga mendekati daya kunyah gigi asli. Gigi implan yang berhasil bisa memungkinkan Anda untuk memakan makanan yang keras meskipun demikian bukan berarti Anda harus memakan makanan yang teksturnya terlalu keras. Dengan demikian, jika Anda ingin melakukan tanam gigi, penting sekali untuk berkonsultasi dengan dokter gigi yang bersertifikat, berpengalaman, dan berkompeten supaya gigi implan yang dilakukan berhasil tanpa adanya efek samping.

  • Melindungi Gigi di Samping Ruang yang Ompong

Gigi implan hanya dipasang di ruang gigi tanggal tanpa harus mengikis atau mengusik gigi di sebelah kiri dan kanannya. Berbeda dari gigi palsu, yang memungkinkan terkikisnya gigi sebelah kiri maupun sebelah kanannya.

  • Lebih Mudah dibersihkan dan Lebih Nyaman

Salah satu alasan terbanyak kenapa orang kerap memilih implan gigi ialah kemudahan perawatan dan tingkat kenyamanannya. Gigi implan bisa dikatakan lebih nyaman sebab tertanam pada tulang alveolar, sama halnya dengan gigi asli. Tidak memerlukan peralatan tambahan untuk dipasang di bagian mulut. Hal paling menarik ialah keserupaannya sama seperti gigi asli memungkinkan Anda untuk membersihkan gigi pada umumnya seperti menyikat gigi secara rutin, berkumur, atau menggunakan dental floss

  • Gigi Implan Tak Mungkin Membuat Lubang

Implan gigi biasanya terbuat dari bahan logam dan juga mudah dibersihkan, sehingga membuat implan tak mungkin menimbulkan lubang atau kavitasi pada gigi.

  • Daya Tahan Lebih Lama

Gigi implan bisa tahan sampai bertahun-tahun jika Anda merawat dan memakainya dengan baik. Ketika Anda berhasil melakukan tanam gigi, maka harus mematuhi pantangan implan dari dokter gigi. Hal tersebut dikarenakan hanya bisa memperpendek umur pemakaian implan. Untuk bisa tahan lama, diperlukan perawatan atau ketelitian yang baik pada pasien. Di tahun kesepuluh sesudah pemasangan implan, Anda mempunyai peluang 50% agar implan gigi tetap bertahan. Tapi di tahun ke 20, biasanya peluang daya tahan tanam gigi akan berkurang di bawah persentase 50%.

Baca Juga : Cara Membedakan Praktek Gigi Legal dan Ilegal

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan