Teknologi

Jack XLR Lebih Banyak Dipakai Sebagai Konektor Mic, Anda Wajib Tahu

1. Konektor NC3FXX

Kabel jack yang menghubungkan antar perangkat terdiri atas beberapa jenis dan bentuk. Dibuat berbeda karena fungsinya dan letaknya pun tidak sama, sehingga orang yang berkecimpung di bidang ini harus paham satu per satu. Tidak hanya paham, anda juga harus memiliki beberapa jenis jack agar tidak lepas pasang. Akan tetapi, banyak pula yang belum tahu seputar XLR jack, jenis, dan bentuk konektornya. Yuk intip ulasan lengkapnya di bawah ini!

Informasi Seputar Jack XLR

Kali pertama ditemukan oleh James H. Cannon di bawah naungan perusahaan yang cukup besar dengan nama Canon Electric. Penemunya memberi nama Canon X, tetapi kabel ini masih terus dikembangkan hingga mencapai spesifikasi terbaiknya. Setelah melalui proses yang panjang, kabel penghubung ini diberi nama XLR. Berbarengan dengan produk ini, Canon Eletric juga meluncurkan produk serupa tetapi tersusun atas komponen dan kualitas yang jauh berbeda.

Penggunaan yang cukup populer dari kabel jack satu ini adalah penghubung input dari mic ke mixer atau perangkat lainnya. Dengan begitu, XLR jack juga dipakai sebagai penghubung sinyal ke perangkat lain, sehingga dapat beroperasi secara aktif dan menyalurkan sumber tegangan. Melalui prinsip kerja ini, banyak perangkat yang dapat beroperasi untuk mendukung kegiatan rekaman anda. Meskipun didesain dengan bentuk yang kecil, tetapi fungsinya cukup banyak.

Jenis Jenis Jack XLR: Konektor Male dan Female

Terdiri atas dua konektor yang berbeda dan saling berhubungan, sehingga keduanya saling melengkapi. Pertama konektor male atau yang biasa disebut konektor laki laki. kedua female atau yang biasa disebut konektor perempuan. Keduanya dipasang di perangkat yang berbeda, yaitu salah satu ada di body casing dan yang konektor lainnya ada di piranti lain. salah satu contoh piranti yang menggunakan konektor jenis ini, yaitu mixer, soundcard, phantom power, dan lain lain.

Bentuk dari dua konektor ini juga berbeda, sehingga dapat anda bedakan dengan jelas. Pertama konektor male didesain dengan bentuk konektor besi yang memanjang dan berjumlah 3. Kedua XLR jack female memiliki 3 lubang yang sesuai dengan pasangannya, sehingga keduanya sangat pas saat dipasangkan. Ketiga konfigurasi ini memiliki penomoran yang berbeda, sehingga anda dapat memasangnya sesuai dengan arah atau urutan. Hal ini bertujuan agar tidak ada noise pada mic atau mixer.

Koneksi audio antar perangkat yang berbeda memang membutuhkan kabel, sehingga sebagai dasar pembuatan berbagai jenis kabel jack. Bentuk yang berbeda beda membuat berbagai perusahaan mendesain dengan bentuk yang unik dan dapat dipakai di berbagai alat. Anda bisa memilih jack XLR untuk berbagai piranti, karena kabel ini fungsional dan dibandrol dengan harga yang terjangkau. Jack ini memiliki 3 konfigurasi yang unik, sehingga harus diperhatikan dengan baik.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Teknologi