Kesehatan

Mengintip Fakta Menarik Tikus Yang Jarang Diketahui

Tikus termasuk hewan pengerat yang tidak diharapkan kehadirannya karena dapat menyebarkan penyakit berbahaya. Tidak heran jika setiap penghuni rumah tetap waspada dengan membeli lem tikus Cap Gajah dan menjaga kebersihan rumah. Terlepas betapa menjijikannya hewan tersebut, namun tidak banyak yang tahu adanya fakta menarik dari tikus.

 

Fakta Menarik Tikus yang Jarang Diketahui

  1. Memiliki Penglihatan yang Buruk

Tahukah Anda bahwa tikus sebenarnya memiliki indra penglihatan yang cukup buruk ? Fakta unik ini membuat mereka mampu melihat beberapa warna saja. Meski indra penglihatannya cukup buruk, namun mereka dikaruniai dengan indra penciuman sangat tajam yang dapat membantu mereka menemukan sumber makanan.

  1. Daya Ingat Tinggi

Tikus termasuk hewan yang cukup pintar dan dikaruniai dengan daya ingat tinggi. Fakta menarik inilah yang menjadi alasan mendasar mengapa tikus kerap dijadikan sebagai hewan percobaan oleh para peneliti. Berkat kemampuannya itu pula, hewan pengerat ini mampu mengingat rute yang telah dilalui dalam waktu cukup lama. Menarik bukan ?

  1. Tingkat Kewaspadaan Tinggi

Keluhan tikus mudah lolos dari jebakan masih sering terdengar. Hal ini berhasil membuat Anda mengira bahwa tikus sebenarnya memahami rencana untuk memusnahkan mereka. Sebenarnya hal ini tidaklah benar, karena sesungguhnya mereka hanyalah makhluk hidup yang dikaruniai dengan kewaspadaan cukup tinggi.

Kewaspadaan inilah yang membuat mereka mudah curiga apabila menemukan suatu hal baru di lingkungan sekitarnya. Mereka akan semakin curiga jika Anda memasang jebakan berupa lem tikus Cap Gajah yang ditaburi dengan umpan berbeda setiap harinya. Inilah alasan mengapa tikus seakan berhasil meloloskan diri dari jebakan.

  1. Pemakan Segalanya

Tikus termasuk hewan yang unik, karena mereka termasuk hewan omnivora yang akan menyantap makanan apapun termasuk pakan hewan peliharaan Anda. Mereka cenderung memakan semua jenis makanan yang mereka temukan, sehingga tidak perlu heran jika remahan kue di dalam rumah bisa menjadi incarannya.

  1. Tingkat Reproduksi Tinggi

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa tikus merupakan hewan yang mampu berkembang biak cukup pesat dibandingkan hewan lainnya. Tikus betina mampu mengandung sebanyak 6 hingga 8 kali dalam kurun waktu satu tahun, dimana masa kehamilannya sendiri relatif singkat yakni 21 hingga 24 hari saja. Inilah yang membuat tikus seakan tidak pernah ada habisnya meski diberantas.

Bahkan tikus betina dapat melahirkan hingga 12 anak tikus sekaligus. Hanya dengan dua ekor tikus betina saja, mereka sudah bisa melahirkan puluhan anakan tikus dalam kurun waktu yang cukup singkat. Oleh sebab itu, penting untuk mempersiapkan lem tikus Cap Gajah sebagai bentuk kewaspadaan apabila ditemukan tikus masuk ke dalam rumah.

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa tikus bukanlah hewan pengerat biasa. Pasalnya hewan satu ini dikaruniai dengan berbagai kelebihan yang mungkin tidak ditemukan pada hewan lainnya. Meski mengagumi kelebihannya, bukan berarti Anda membiarkan mereka lolos dan menjajah rumah hunian Anda.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Kesehatan