Teknologi

Tips Merancang Home Recording Studio Agar Tampak Nyaman

Paket Recording Studio

Merancang sebuah studio rekaman agar terasa lebih nyaman dan mampu menghasilkan karya berkualitas ternyata tidaklah mudah seperti yang terlihat. Sebab Anda perlu mengetahui rancangan home recording terbaik dengan memperhatikan berbagai aspek, sebelum membeli paket recording studio. Berikut tips merancangnya.

 

Tips Merancang Home Recording Studio

Paket Recording Studio

  1. Desain Studio Musik

Desain studio musik adalah hal pertama yang perlu diperhatikan ketika merancang home recording. Pastikan Anda memilih ruangan cukup lapang, mengingat  banyaknya peralatan musik dan peralatan pendukung lainnya yang harus tersimpan baik di dalamnya. Jika tidak mendapatkan ruangan yang cukup luas, Anda bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan garasi atau gudang.

Namun akan lebih menguntungkan jika Anda memiliki ruangan bawah tanah yang masih belum digunakan. Ruangan tersebut sangat sempurna untuk diubah menjadi sebuah studio rekaman audio, karena Anda bisa memasang peralatan kedap suara agar tidak audio yang keras tidak mengganggu tetangga sekitar.

  1. Menggunakan Parket Sebagai Lapisan Lantai

Jangan lupa untuk memasang parket pada setiap sudut lantai studio musik Anda. Parket terpilih sebagai pelapis lantai, karena mudah dibersihkan dan dapat menyatu indah dengan berbagai furniture yang digunakan. Parket pun tidak mudah kotor ataupun bau, sehingga tidak heran jika lapisan lantai ini masuk dalam daftar paket recording studio.

  1. Lengkapi dengan Peredam Suara

Tahukah Anda bahwa pemasangan peredam suara ternyata dapat berpengaruh pada kualitas dan hasil rekaman audio ? Inilah alasan mengapa setiap studio rekaman selalu kedap suara. Memasang panel kayu atau drywall di setiap sisi dinding ruang rekaman adalah cara terbaik untuk meredam suara dengan baik.

Namun pastikan bahan yang digunakan untuk meredam suara memiliki kualitas jempolan. Sebab kesalahan pemasangan peredam suara menjadi penyebab utama kebocoran audio yang tidak bisa dihindarkan. Anda juga perlu memilih rangka yang kokoh untuk menopang beban material peredam suara demi mendapatkan hasil maksimal.

  1. Tambahkan Furniture

Menambahkan beberapa furnitur ke dalam ruangan rekaman tidak kalah penting dilakukan. Kehadiran furnitur tidak hanya melengkapi kebutuhan saat proses perekaman, namun juga bisa menjadi cara jitu meredam suara agar tidak terdengar hingga ke rumah tetangga. Inilah alasan utama mengapa Anda bisa menemukan meja atau sofa di setiap rumah rekaman.

Dengan kata lain, menambahkan sejumlah furniture termasuk bagian dari paket recording studio yang harus dilengkapi. Agar tampilan ruangan menjadi lebih menarik, pilihlah furniture minimalis dengan warna yang tampak serasi dengan dinding ruangan. Dijamin cara ini membuat siapapun merasa betah berada disana seharian.

Itulah beberapa tips dalam merancang sebuah studio rekaman musik yang perlu diterapkan. Anda juga bisa memberikan sedikit sentuhan seni di dalamnya agar tampilan ruangan tidak terlalu membosankan, sekaligus menjadi inspirasi dikala suntuk melanda. Buatlah ruangan perekaman terasa nyaman demi menghasilkan karya memukau.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Teknologi