Teknologi

Berasal dari Energi Terbarukan, Yuk Intip Cara Kerja Panel Surya di Sini

SUN-Energy-Solar-Panel-Indonesia-1.jpg

Karena manusia mengetahui bahwa sistem pembangkit listrik yang banyak digunakan berasal dari energi tak terbarukan, penelitian terkait pembangkit listrik dengan energi terbarukan sudah mulai dilakukan cukup lama. Bahkan saat ini panel surya yang berasal dari energi terbarukan sudah banyak digunakan. Lantas bagaimana cara kerja panel surya ini ? Simak selengkapnya berikut.

 

Menghasilkan Listrik dari Panel Surya

SUN-Energy-Solar-Panel-Indonesia-1.jpg

Panel surya memproduksi energi listrik yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan listrik masyarakat sehari hari, dan energi listrik yang tidak digunakan akan disimpan terlebih dahulu dengan menggunakan baterai. Sehingga sistem tersebut tetap bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat meski pada sore hari, malam hari, maupun dalam keadaan mendung atau hujan.

Dimana panel surya sendiri mampu memproduksi energi listrik ini selama puncak penyinaran. Jadi panel surya setidaknya dapat memproduksi energi kurang lebih 5 jam per hari dengan variasi sekitar 30 persen. Untuk variasinya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti iklim setempat, lokasi pemasangan panel surya, dan lain sebagainya.

 

Cara Kerja Sederhana Panel Surya

Cara kerja panel surya terbilang cukup sederhana pada praktiknya. Dimana sistem tersebut terdiri atas kumpulan sel surya, dan setiap sel surya ini memiliki dua lapisan silikon saling menempel yakni silikon tipe p dan silikon tipe n. Kedua silikon yang menempel terbentuk dari silikon murni yang biasa disebut dengan semikonduktor intrinsik.

Yang mana semikonduktor intrinsik tersebut terdiri atas ikan atom yang mempunyai elektron sebagai penyusun dasarnya. Untuk semikonduktor tipe p memiliki muatan positif pada struktur atomnya, sementara semikonduktor tipe n memiliki muatan negatif lebih banyak di dalam strukturnya.

Jadi, silikon tipe p dan tipe n yang menempel akan membuat muatan negatif dan muatan positif saling tarik menarik dan membentuk sebuah medan listrik yang nantinya mendorong elektron bisa diolah menjadi energi listrik. Cahaya matahari sendiri akan mengenai susunan dari lapisan silikon tipe p dan tipe n tersebut.

Sehingga akan mendorong elektron bergerak dari arah semikonduktor menuju ke kontak negatif. Sementara hole akan bergerak ke arah kontak positif dan menunggu elektron datang. Inilah yang menjadikan energi listrik tercipta dari panel surya dengan memanfaatkan energi sinar matahari.

Singkatnya, cara kerja panel surya dihasilkan menggunakan sistem fotovoltaik, yaitu fenomena yang dapat mengubah energi matahari menjadi arus listrik. Nantinya listrik yang dihasilkan oleh panel surya ini dapat digunakan secara langsung untuk berbagai kebutuhan. Karena sistem yang dimiliki oleh panel membuat listrik memiliki arus AC, yang biasa digunakan di rumah.

Dengan menggunakan energi terbarukan, maka tidak sulit untuk menemukan bahan bakar dari panel surya dalam menghasilkan listrik. Ini tentu akan membuat anda lebih hemat dalam biaya menggunakan listrik. Untuk menggunakan sistem ini, Sun Energy menjadi salah satu penyedia panel surya dengan kualitas terbaik bagi masyarakat.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Teknologi