Human ResourcesTeknologi

5 Tips Memilih HR Software Indonesia yang Tepat

Keberhasilan perusahaan sangat ditentukan oleh pengelolaan karyawan yang baik. Sehingga perusahaan pun patut memilih HR software Indonesia yang tepat untuk mendukung hal tersebut. Sayangnya mencari software HR terbaik bisa dibilang gampang gampang susah. Tidak perlu bingung, anda dapat menerapkan beberapa tips seperti berikut dalam memilihnya.

Tips Memilih Software HR yang Tepat

1. Disesuaikan dengan Kebutuhan dan Budget

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih software HR adalah ketahui kebutuhan dan budget yang dimiliki oleh perusahaan. Karena setiap perusahaan tentunya dapat mempunyai kebutuhan yang berbeda antara satu sama lain. Pun dengan budget yang dimiliki, pastinya tidak bisa disamaratakan.

Jadi mulailah dengan mencatat apa saja hal yang sekiranya dibutuhkan oleh bisnis agar dapat mengakomodir manajemen administrasi dengan baik. Setelah itu pastikan berapa budget yang siap anda keluarkan untuk menghadirkan aplikasi. Ingat bahwa software HR dapat menjadi investasi keberhasilan bisnis. Namun di lain sisi jangan boros dengan memilih fitur yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

2. Tampilan User Friendly

Tujuan dari penggunaan HR software Indonesia adalah mempermudah dalam mengakomodir manajemen administrasi perusahaan, bukan justru sebaliknya. Jadi anda perlu memastikan bahwa perangkat lunak yang dipilih menyajikan tampilan user friendly. Sehingga aplikasi pun bisa benar benar membantu menyederhanakan dan mempercepat pengelolaan administrasi yang ada.

3. Menjamin Keamanan Data

Tidak hanya memiliki tampilan user friendly, namun keamanan data juga menjadi hal penting lainnya yang harus diperhatikan. Sebab data data administrasi perusahaan adalah hal penting yang sifatnya rahasia. Jadi sangat penting memilih sistem yang mampu menjamin keamanan data tersebut.

Terlebih data yang tersimpan pada sebuah perangkat lunak berbasis cloud dapat mempunyai risiko penyalahgunaan data yang besar. Itu karena kejahatan cyber saat ini terus meningkat. Jadi pastikan anda sudah konsultasi terlebih dahulu mengenai hal tersebut. Pastikan software memperbarui sistemnya secara berkala agar dapat terhindar dari aksi peretasan yang tidak bertanggung jawab.

4. Perhatikan Sistemnya

Berikutnya, jangan lupa perhatikan sistem aplikasi secara cermat. Kaji setiap fitur yang ditawarkan dalam perangkat lunak tersebut, dan pertimbangkan apakah memang mampu membantu perusahaan atau tidak. Karena umumnya tersedia uji coba gratis sebelum membeli, maka gunakan waktu tersebut untuk memastikan keandalan sistem.

5. Bandingkan Harga

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga adalah faktor penting dalam memilih HR software Indonesia. Dan tentunya setiap developer dapat menawarkan harga yang berbeda beda, tergantung fitur, layanan purna jual, dan lain sebagainya. Jadi jangan lupa membanding aplikasi satu dengan aplikasi lainnya berdasarkan harga. Namun tentunya dengan tetap melihat kualitas yang ditawarkan.

Demikian beberapa tips yang dapat diterapkan dalam memilih HR software untuk mendorong keberhasilan perusahaan. Dengan software yang tepat dan sesuai kebutuhan, tentu hal tersebut sangat mungkin dilakukan. Untuk itu, anda bisa menggunakan SPISy. Software HR dari Sakura System tersebut menawarkan deretan fitur menarik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

 

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *