Informasi

Optimalkan Cara Menangkap Tikus Di Rumah Dengan 4 Tips Berikut

Adanya serangan tikus pada suatu rumah pasti membuat gusar orang yang menghuni rumah. Tidak sedikit orang yang sudah berusaha melakukan banyak cara menangkap tikus di rumah namun tak memberikan hasil yang signifikan. Ada banyak faktor yang bisa sebabkan hal tersebut. Bisa saja alat yang digunakan tidak manjur, atau pemberantasan tidak terjadi secara maksimal. Untuk mengoptimalkan alat tersebut, berikut 4 hal yang bisa Anda coba.

4 Hal Yang Bisa Bantu Optimalkan Alat Perangkap Tikus

  1. Mengurangi Sumber Air

Sebenarnya tikus memiliki daya tahan tidak minum air dalam jangka waktu yang sangat panjang. Bahkan mereka bisa tahan hingga beberapa hari. Namun tidak bisa dipungkiri jika hewan pengerat ini juga akan mencari sumber air. Karena itulah, Anda bisa membuat tikus bingung dan tidak betah dengan menghilangkan sumber air yang ada. Entah itu genangan air, air keran bocor, atau wadah penampung air. Anda bisa perbaiki atau tutupi dengan rapat.

  1. Tidak Memberi Akses Makan Pada Tikus

Selain air, makanan adalah hal yang memiliki peran besar dalam membuat tikus betah di rumah. Cara menangkap tikus di rumah akan lebih efektif jika tikus hanya memiliki pilihan sumber makanan terbatas. Anggap saja Anda menutup dan menyimpan semua makanan yang ada, membuang sisa makanan, dan menutup rapat sampah. Dengan begitu, hewan ini tidak akan punya pilihan lain untuk mendatangi umpan yang digunakan dalam perangkap.

  1. Menutup Akses Tikus

Apa gunanya menangkap tikus dan mengusirnya dari rumah, jika masih ada akses untuk mereka kembali menjajah hunian? Tidak sedikit yang merasa senang apabila perangkap yang digunakan berhasil, namun hal ini tidak akan ada bedanya jika tikus lain bisa masuk ke dalam rumah. Karena itu, sembari memasang lem tikus atau perangkapnya lakukan cek dan tutup semua lubang tikus atau retakan dinding. Hal ini akan bantu kurangi populasi tikus.

  1. Membersihkan Rumah

Bersihkan rumah dengan rutin untuk mencegah tikus bersarang dan perbanyak populasi. Hewan kecil pengerat ini bisa tinggal, tidur, dan beranak pinak dimana saja. Bahkan di lokasi kotor dan sempit sekalipun. Cara menangkap tikus di rumah akan semakin optimal jika Anda bisa kurangi potensi tempat bersarang. Buang puing kotor, kardus tidak digunakan, rapikan rumah, dan letakkan kamper atau tanaman yang dibenci tikus di beberapa pojokan ruang.

Sebenarnya, keempat cara tersebut juga merupakan hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan preventif agar tikus tidak masuk rumah. Namun keempat rangkaian cara tersebut juga bisa bantu tikus tidak betah bertahan di rumah, sehingga cenderung memilih umpan dan perangkap yang telah dipasang. Namun demikian, Anda juga harus gunakan produk jebakan berkualitas. Seperti contohnya lem tikus dan perangkap mekanis Cap Gajah.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Informasi