Teknologi

Mengulik Pengertian Energy Alternatif, Manfaat Hingga Macamnya

Energi boleh saja memiliki sifat yang abstrak, namun keberadaannya memiliki peran yang penting dan dapat dirasakan dalam kehidupan sehari hari. Saat ini, manusia sendiri mulai beralih pada energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar bakar fosil. Apa sebenarnya pengertian energy alternatif? Yuk simak pada penjelasan berikut ini.

 

Apa yang Dimaksud Energy Alternatif ?

Bila berbicara mengenai sejarahnya, transisi dari penggunaan energy alternatif terjadi berdasarkan faktor ekonomi. Dimana penggunaan dari energy alternatif sebagai sumber energi baru dilakukan dengan tujuan untuk menggantikan sumber energi lama, yang dinilai sudah semakin langka, tidak ekonomis lagi, mahal, serta sulit untuk diakses.

Dewasa ini, bentuk energy alternatif yang dimanfaatkan adalah yang bersahabat dengan lingkungan. Mengingat bahwa bahan bakar fosil yang dijadikan sebagai sumber energi konvensional memiliki risiko bahaya bagi ekologi. Jadi bentuk energy alternatif yang dicari saat ini adalah yang bersahabat dengan lingkungan, agar dapat menggantikan bahan bakar fosil.

 

Macam Macam Energy Alternatif dan Manfaatnya

Setelah mengetahui pengertian energy alternatif, anda tentu sudah mendapat sedikit gambaran mengenai manfaat dari penggunaan energi ini di dalam kehidupan, yakni untuk mengurangi berbagai dampak negatif dari pemanfaatan bahan bakar fosil. Seperti mengurangi pemanasan global yang terjadi akibat dari sumber energi konvensional.

Lebih dari itu, macam macam energy alternatif memiliki manfaatnya tersendiri. Mulai dari energi angin, energi air, energi matahari seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya, sampai energi panas bumi. Energi angin digunakan untuk memompa air, memotong kayu, menggiling padi, serta menghasilkan berbagai bentuk energi mekanik lainnya.

Lalu energi air bisa digunakan sebagai pemenuhan berbagai kebutuhan rumah tangga serta sebagai sumber pengairan dalam pertanian. Dan energi panas bumi banyak dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata pemandian air panas, juga membantu sektor agroindustri guna memanfaatkan hasil pertanian.

 

Energi Matahari Sebagai Energy Alternatif

Dalam artikel ini, energi matahari dibahas secara terpisah lantaran merupakan sumber energi yang paling utama bagi kehidupan manusia. Selain itu, energi matahari ini terjamin keberadaannya dan diperkirakan bisa bertahan untuk waktu lama bahkan lebih dari 10.000.000.000 tahun lagi.

Dari pengertian energy alternatif, sudah jelas bahwa energi matahari tersebut merupakan salah satu bentuk dari energy alternatif yang terbarukan dan dapat terus digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan energi manusia. Manfaat dari energi matahari sendiri antara lain mengubah air laut menjadi garam, mengeringkan pakaian, hingga membantu proses fotosintesis tanaman.

Selain itu, energi matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Bahkan melihat potensi energi matahari yang begitu besar, saat ini sudah banyak rumah yang mengandalkannya sebagai sumber listrik dengan memasang panel surya atap.

Melihat bahwa di era modern dengan berbagai teknologi yang membutuhkan listrik seperti sekarang ini, tentu adanya sumber energy alternatif seperti energi matahari bisa menjadi solusi. Bagi anda yang ingin memasang panel surya, bisa menggunakan produk dari SUN Energy. Karena dengan DP 0%, berbagai manfaat solar panel ini sudah bisa anda dapatkan untuk kegiatan sehari hari.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Teknologi