Informasi

Mengintip Cara Aman Membuang Tikus yang Sudah Terperangkap

Lem tikus cap gajah merupakan salah satu perangkap tikus yang sangat ampuh, dan sering digunakan untuk menangkap tikus di rumah. Perangkap ini bisa anda gunakan sebagai cara menangkap tikus di rumah, tanpa harus membunuh makhluk tersebut. Namun hewan yang terperangkap tentunya bisa saja mati mengenaskan bila tidak anda selamatkan, karena lem tikus cap gajah ini memiliki daya rekat yang sangat kuat.

Melepaskan Tikus Tanpa Menyakitinya

Hewan pengerat bisa membawa berbagai penyakit berbahaya, dan bisa menulari manusia. Untuk melindungi diri anda dari gigitan, cakaran, serta kontaminasi, maka anda harus menggunakan sarung tangan yang cukup tebal. Sarung tangan ideal yang bisa anda gunakan yaitu sarung tangan berkebun atau sarung tangan kulit. Kemudian ambil perangkap tikus, lalu pindahkan perlahan pada wadah kotak bening, yang lebih besar dari perangkap.

Gunakan handuk bekas atau kain lap yang bisa dibuang nantinya untuk menutupi tikus. Bentangkan handuk menutupi kepala tikus, agar hewan itu tetap tenang. Letakkan satu tangan pada bagian bahu tikus dan pegang dengan lembut. Kemudian tuangkan minyak sayur ke perangkap, minyak sayur ini bisa melonggarkan lem yang ada. Konsentrasikan minyak pada sekitar lokasi hewan itu terjebak.

Cara menangkap tikus di rumah memang mudah dengan produk dari cap gajah. Tetapi anda perlu berhati hati saat ingin mengusirnya tanpa membunuh hewan satu ini. Anda perlu memastikan bahwa minyak sayur tidak sampai terkena pada tikus. Gunakan kapas atau kain untuk membuat minyak merata pada lem. Maka lama kelamaan lem akan mulai melonggar, dan tikus bisa membebaskan diri.

Buang perangkap pada kantong plastik, dan segel sebelum anda masukkan ke dalam tong sampah. Lalu bersihkan badan tikus dengan kain lap yang sudah dicelupkan pada air hangat, karena minyak yang ada di badan tikus bisa menghalanginya untuk menyesuaikan suhu tubuh. Kemudian tutupi wadah dengan kain lebar sehingga tampak gelap, agar tikus dapat beristirahat dan memulihkan diri.

 

Melepaskan Tikus ke Alam Liar

Setelah tikus mendapat istirahat yang cukup, tahap selanjutnya yaitu melepaskan tikus ke alam liar. Anda bisa melepaskan ke tempat yang cukup jauh dari rumah agar hewan pengerat tersebut tidak bisa kembali masuk ke dalam rumah anda. Anda bisa melepaskan di tempat yang dekat dengan sumber air, agar tikus bisa bertahan. Lokasi ideal tempat pelepasan tikus yaitu hutan, taman, atau area kehijauan.

Setelah anda berhasil melakukan cara menangkap tikus di rumah, dan membebaskan tikus di alam liar. Kemudian lakukan desinfeksi pada perlengkapan anda, agar tidak menimbulkan berbagai hal yang tidak diinginkan seperti terbawanya penyakit dari tikus. Sebaiknya buang semua handuk serta kain yang anda gunakan sebelumnya, atau cuci secara terpisah dengan pakaian yang lain sembari menggunakan sarung tangan.

Dengan begitu rumah serta diri anda pun akan terbebas dari bahaya yang bisa ditimbulkan oleh tikus. Selain itu, anda sebaiknya juga melakukan berbagai upaya pencegahan agar tikus tidak bisa kembali masuk ke dalam rumah. Siapkan dan simpan juga beberapa produk cap gajah, sebagai antisipasi bila anda menemukan hewan pengerat tersebut berhasil masuk kembali ke rumah anda.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Informasi