Keuangan

5 Alasan Mengapa Harus Beralih ke Sistem Pembayaran Online

Sistem pembayaran online mungkin baru populer dalam satu dekade terakhir. Sistem ini berkembang seiring dengan majunya industri e-commerce yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penggunanya terus bertambah dengan kenaikan yang signifikan.

Dibandingkan transaksi konvensional, online payment memang memiliki keunggulan dan kelebihannya tersendiri. Bahkan apa yang tidak dimiliki oleh transaksi konvensional mampu disediakan oleh sistem ini secara instan. Sebut saja adanya jaminan keamanan dari transaksi yang menggunakan uang palsu.

Selain contoh di atas, ada beberapa alasan lain yang membuktikan bahwa transaksi online jauh lebih unggul dengan transaksi konvensional. 5 diantaranya sudah kami rangkum di bawah ini.

1. Pencatatan Transaksi Secara Otomatis

Dalam pembayaran online, semua proses transaksi akan dicatat oleh sistem secara otomatis. Penjual dan pembeli tidak lagi memerlukan konfirmasi manual, seperti upload foto transfer untuk menyelesaikan proses transaksi. Selain kurang efektif, cara manual tersebut memberikan celah kejahatan yang bisa dimanfaatkan oleh oknum tertentu. Nah dengan transaksi online, pencatatan dilakukan secara otomatis, akurat dan juga cepat.

2. Pengelolaan Data yang Mudah

Kedua, layanan transaksi online memudahkan pemilik bisnis untuk memantau keuangan perusahaan. Semua data pembayaran yang masuk akan dicatat secara rinci dan real- time serta bisa diakses kapan saja. Bahkan Anda bisa mengunduh data mutasi dalam bentuk laporan digital. Selain lebih mudah, cara seperti ini mampu menghindarkan bisnis dari potensi kecurangan yang sering terjadi.

3. Transaksi di Mana Saja dan Kapan Saja

Yang menarik dari sistem pembayaran online adalah memudahkan penggunaannya untuk bertransaksi di mana saja dan kapan saja. Bahkan dalam laporan terakhir, kita bisa melakukan transaksi di luar negeri tanpa harus menukarkan mata uang. Cukup scan melalui kode QR dan sistem pun kan menghitung kurs secara otomatis.

Apa untungnya bagi pemilik bisnis? Salah satu keuntungan yang pasti didapat adalah mencapai target pasar yang luas yang berdampak pada meningkatnya penjualan. Sistem online memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan dari luar negeri.

4. Metode Pembayaran Sangat Lengkap

Keempat, metode pembayaran online sangatlah lengkap dan juga beragam. Mulai dari dompet digital, kartu kredit/debit, virtual account, QRIS, semuanya bisa dipilih sesuai dengan selera. Adanya metode pembayaran yang lengkap memberikan dampak positif baik untuk pelanggan maupun pemilik usaha.

5. Pilihan Bank Tidak Harus Sama

Sistem transaksi online menggunakan teknologi bernama payment gateway. Teknologi ini memberikan layanan satu pintu untuk mengolah seluruh transaksi. Dengan kata lain, pelanggan dan pemilik bisnis tidak harus memiliki rekening bank yang sama untuk bertransaksi.

Layanan payment gateway untuk pembayaran online bisa Anda dapatkan dari Duitku.com. Duitku merupakan fintech terpercaya yang memiliki izin resmi dari Bank Indonesia. Mereka punya tenaga ahli profesional yang siap membantu Anda dalam memberikan solusi bisnis. Ada customer service yang siap melayani Anda lewat e-mail, telepon, ataupun live chat. Detail lengkapnya bisa dilihat di Duitku.com.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *