Pendidikan

5 Manfaat Mengikuti Sekolah Unggulan Jenis Non-Formal untuk Masa Depan Anak

Pentingnya mengikuti pendidikan non-formal mungkin masih belum banyak dipahami oleh masyarakat luas. Banyak yang menganggap bahwa sekolah formal saja sudah cukup untuk anak. Namun tahukah anda bahwa sekolah unggulan non-formal pun memiliki banyak sekali manfaatnya, khususnya jika diajarkan sejak dini? Adapun beberapa manfaat yang diberikan yaitu sebagai berikut.

Manfaat Sekolah Non-Formal untuk Anak

1. Belajar dengan Santai

Tidak seperti sekolah formal yang kebanyakan memiliki sistem cukup kaku, sekolah non-formal menawarkan sistem belajar mengajar yang lebih santai. Sehingga sistem ini dapat memberikan pengalaman baru bagi anak. Dengan cara belajar yang santai seperti itu, anak pun akan merasa lebih betah dan tidak bosan.

Terlebih tanpa adanya peraturan yang ketat dan seragam khusus, proses belajar dirasa jauh lebih menyenangkan. Tidak heran apabila sekolah non-formal menjadi pelengkap sekolah formal. Bahkan mungkin ada banyak pembelajaran yang hanya diperoleh di sekolah non-formal seperti itu.

2. Menggali Minat serta Mengasah Bakat Anak

Sekolah unggulan non-formal dapat membantu menggali minat dan mengasah bakat yang dimiliki oleh si kecil. Itu karena sekolah non-formal biasanya melihat setiap potensi yang dimiliki oleh masing masing anak, alih alih menggeneralisasi mereka. Dengan mengetahui hal ini sejak dini, maka anak pun sudah mempunyai bekal yang mumpuni ketika beranjak remaja sampai dewasa.

Dan selama perjalanan menuju dewasa tersebut, anak bisa semakin mengasah bakat yang sesuai dengan minatnya ini. Sehingga ketika dihadapkan dengan dunia luar yang begitu luas, anak pun sudah tidak kaget dan telah mempunyai persiapan matang. Itu berarti masa depan cerah sudah ada digenggaman buah hati.

3. Menyeimbangkan Kinerja Otak

Manfaat lainnya dari sekolah non-formal yaitu menyeimbangkan kinerja otak. Karena pendidikan formal rata rata lebih berfokus mengasah bagian otak kiri. Maka dari itu, pendidikan non-formal akan membantu anak dalam mengasah bagian otak kanan mereka. Sehingga kinerja otak secara keseluruhan pun menjadi lebih seimbang.

4. Melatih Kreativitas

Dengan menyeimbangkan kinerja otak, sekolah non-formal juga dapat membantu melatih kreativitas pada diri anak. Hal ini karena proses belajar mengajar yang ada di sekolah non-formal memang umumnya sangat berbeda dengan pendidikan formal. Alhasil kondisi ini dapat mendorong munculnya kreativitas anak dalam menghadapi sesuatu. Dimana mereka pun menjadi lebih mudah untuk menangkap materi.

5. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Mengikuti sekolah non-formal memberi manfaat dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Terlebih jika anda mendaftarkan si kecil di sekolah unggulan, maka intensitas belajar yang berkualitas dapat diperoleh. Ujung ujungnya anak pun akan memiliki prestasi yang berkembang signifikan di sekolah.

Melihat banyaknya manfaat yang dapat diberikan di sekolah non-formal, anda sebaiknya mempertimbangkan lembaga tersebut. Misalnya seperti Sekolah Murid Merdeka, yang bahkan dapat dijadikan sebagai sekolah utama ataupun pelengkap. Dengan sistem belajar blended learning yang ditawarkan, anak bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti yang disebutkan di atas.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Pendidikan