Pendidikan

Mengenal Pemanfaatan dari Konsep Blended Learning dalam Perusahaan

Belakangan ini konsep dari blended learning semakin hits di kalangan perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang pendidikan atau lainnya. hal ini bukan tanpa alasan, sebab akan dimudahkan dengan adanya kecanggihan teknologi. Penggunaan pembelajaran blended ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi perusahaan, berikut penjelasannya untuk anda.

Pemanfaatan dari Pembelajaran Blended dalam Perusahaan

  1. Lebih Efisien Baik Secara Biaya dan Juga Waktu

Sudah menjadi hal yang lumrah, bahwasannya jika pelatihan yang dikerjakan secara konvensional atau tatap muka akan membutuhkan banyak waktu dan juga biaya cukup mahal. Belum lagi jika ditambahkan dengan biaya akomodasi, uang makan, dan lain sebagainya di luar dari pelatihan itu sendiri.

Maka dari itu, dengan anda menggunakan sistem pembelajaran yang mengkombinasikan antara tatap muka dan juga daring ini akan membuat lebih efisien. Terlebih jika diterapkan pada perusahaan yang semuanya dituntut untuk bergerak lebih cepat. Bahkan seorang instruktur juga tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk sewa, sebab semuanya bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

  1. Membuat Sistem Pembelajaran Lebih Fleksibel

Jangan salah, dengan menggunakan sistem yang satu ini juga kana memberikan manfaat keren lainnya. Salah satu manfaat yang ditawarkan adalah membuat lebih fleksibel. Sebab pada saat proses blended learning kepada para karyawan, maka mereka mampu mengakses kapan dan juga di mana saja. sehingga untuk waktu belajar bisa di sesuaikan dengan berbagai macam aktivitas harian.

  1. Sangat Memudahkan dalam Mengukur Efektivitas dalam Pelatihan

Pelatihan yang dilakukan dengan menggunakan sistem pembelajaran blend ini akan sangat bagus untuk diterapkan dalam perusahaan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab anda bisa dengan mudah dalam melakukan proses mengukur nilai efektivitas dalam pelatihan yang diberikan. Bagaimana caranya, yaitu hanya dengan melihat pada daftar hadir, siapa yang terlibat aktif, laporan kinerja, dan lainnya.

Adanya berbagai informasi yang disajikan dalam proses tersebut akan sangat membantu anda dan juga pihak perusahaan dalam menyesuaikan strategi yang diberikan. Selain itu juga bisa digunakan untuk kegiatan analisa agar kedepan tidak salah dalam bertindak. Sehingga pantas sjaa jika banyak perusahaan yang tertarik untuk menggunakan sistem yang satu ini.

  1. Meningkatkan Partisipasi Peserta dalam pelatihan

Jangan salah, manfaat lain yang tidak kalah penting dengan menggunakan blended learning adalah mampu meningkatkan partisipasi peserta pelatihan. Peristiwa tersebut bisa terjadi salah satunya karena mempunyai media pembelajaran yang bervariatif. Media yang di maksud antara lain adalah dalam bentuk video, teks, dan juga grafik.

Dari paparan di atas bisa diambil kesimpulan, bahwasannya ada empat manfaat yang ditawarkan jika menggunakan pembelajaran blended. Keempat manfaat yang dimaksud antara lain adalah lebih efisien baik secara biaya dan juga waktu, membuat sistem pembelajaran lebih fleksibel, sangat memudahkan dalam mengukur efektivitas saat pelatihan, dan meningkatkan partisipasi peserta.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Pendidikan