Pendidikan

Sekolah Blended Learning dan Sistem Pembelajarannya

Sekolah blended learning adalah salah satu sistem yang saat ini banyak digunakan oleh lembaga pendidikan yang ada di Indonesia, terlebih di area perkotaan. Penggunaan sistem ini banyak dimanfaatkan karena ia memiliki banyak keunggulan daripada yang konvensional. Namun sebelum mempelajari lebih jauh, maka kini alangkah baiknya untuk memahami sistem pembelajarannya terlebih dahulu.

Sistem Pembelajaran dalam Lembaga Pendidikan Blended Learning

1. Tentukan Tujuannya Terlebih Dahulu

Langkah awal yang harus anda ketahui tentang sistem pembelajaran yang satu ini adalah menentukan tujuannya terlebih dahulu. Hampir sama dengan konvensional, maka saat ini anda juga harus membuat sistem atau metode dengan blended learning terlebih dahulu. Misalnya saja dengan membuat sistem pembelajaran yang lebih efektif agar memudahkan murid untuk belajar.

Menentukan tujuan dengan jelas akan sangat memberikan banyak kemudahan dalam membangun program yang jauh lebih fokus dengan peserta didik keterampilan dan juga pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila metode pembelajaran dengan sistem blended learning ini sudah disusun dengan baik, maka jangan lupa untuk tetap mensosialisasikan dengan baik.

2. Membuat Program Pembelajaran yang Interaktif

Sistem kedua yang harus diperhatikan adalah dengan membuat program pembelajaran yang efektif. Setelah anda menentukan metodenya, maka kini sebaiknya juga dilanjutkan dengan membuat program pembelajaran yang interaktif. Sistem ini bisa diterapkan baik secara langsung saat tatap muka ataupun online dengan berbagai macam bantuan seperti zoom, google meet, dan lainnya.

Karena sistem pembelajaran ini bisa dilakukan secara online dan tatap muka, maka seorang guru juga bisa menerapkan game yang interaktif singkat saat belajar online. Namun jika tatap muka secara langsung, alangkah baiknya juga bisa memberikan permainan terkait materi pelajaran yang dikerjakan secara berkelompok.

3. Buatlah Sistem Penilaian yang Rinci

Hal lain yang tidak kalah penting adalah dengan membuat sistem penilaian yang detail sebab dengan sistem penilain yang detail bisa menjadi kunci dari keberhasilan dalam pembelajaran sistem blended learning. Agar sistem penilaian bisa berjalan dengan baik, maka pastikan seorang guru harus bisa mengoperasikan microsoft excel dan teknologi yang mumpuni untuk pendidikan.

4. Memakai Sistem Learning Management System

Sistem pembelajaran yang ada dalam sekolah blended learning selanjutnya adalah dengan memakai learning management system. Ia juga menjadi salah satu kunci untuk bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawab untuk memahamkan peserta didik. Salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan sistem ini adalah Sekolah Murid Merdeka yang dijamin berkualitas.

Kesimpulannya bahwa kini ada empat sistem pembelajaran yang digunakan dalam blended learning. Keempat sistem yang dimaksud ini antara lain adalah tentukan tujuannya terlebih dahulu, membuat program pembelajaran yang interaktif, buatlah penilaian yang rinci, dan memakai sistem learning management system. Dengan menerapkan hal ini, bakal memberikan nilai positif bagi pendidikan.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Pendidikan