Kesehatan

Tidak Sembarangan, Berikut 4 Kriteria Pasien Operasi Bypass Jantung

operasi bypass jantung

Tidak semua masalah pada jantung dapat diatasi dengan prosedur bypass. Dokter akan mempertimbangkan terlebih dahulu apakan anda memang membutuhkannya atau tidak. Biasanya tindakan baru akan diambil setelah melakukan pemeriksaan lengkap. Oleh karena itu, yuk simak pertimbangan dan kriteria pasien operasi bypass jantung disini.

Pertimbangan dan Kriteria Pasien Bypass Jantung

  1. Mengalami Jantung Koroner Parah

Jantung koroner masuk sebagai daftar penyakit jantung yang paling sering dikeluhkan. Bukan hanya orang yang lanjut usia, saat ini gangguan tersebut sudah banyak menyerang rentang umur yang lebih muda. Masalah tersebut muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan mengkonsumsi junk food dan malas berolahraga menjadi salah satu pemicunya.

Sangat disayangkan apabila kondisi jantung terganggu padahal anda masih dalam usia produktif. Untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah ini diperlukan prosedur yang disebut dengan bypass. Meskipun begitu, pasien yang menerima teknik pengobatan ini adalah mereka yang penyumbatannya sudah sangat parah karena operasi ini cukup beresiko.

Baca Juga : Mengetahui Proses Terjadinya Gagal Jantung

  1. Arteri Koroner yang Bermasalah Lebih Dari Satu

Arteri koroner yang bermasalah akan membuat kerja jantung terganggu. Darah tidak dapat tersalurkan dengan baik. Apalagi kalau sumbatannya sudah terjadi di lebih dari satu arteri. Pastinya pasien sedang dalam kondisi darurat dan membutuhkan pertolongan dengan segera. Oleh karena itu dokter akan mengambil tindakan operasi bypass jantung untuk menyelamatkannya.

Meskipun bypass cukup memiliki resiko, langkah tersebut diambil karena dapat langsung mengembalikan fungsi aliran darah pasien. Apabila tindakan hanya berupa obat tentunya akan banyak membantu. Terlebih kondisi pasien saat itu sudah sangat buruk. Meskipun tindakan ini harus segera dilakukan, bukan berarti bisa lolos berbagai pemeriksaan terlebih dahulu.

  1. Aliran Darah Ventrikel Kiri Terganggu

Ventrikel kiri merupakan bagian jantung yang memiliki fungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Tidak heran bahwa organ tersebut sangatlah penting bagi manusia. Apabila aliran darah di bagian itu terganggu, dapat dipastikan pasokan oksigen ke seluruh tubuh menjadi berkurang dan terhambat.

Dokter akan mempertimbangkan menjalankan prosedur bypass apabila ventrikel kiri tidak berfungsi dengan baik dan pembuluh arteri koroner utama kiri tidak berfungsi. Kedua kerusakan ini hanya dapat diperbaiki dengan optimal melalui tindakan bypass. Meskipun begitu dokter akan melihat berbagai komponen lain demi meminimalisir resiko saat operasi.

  1. Sudah Pernah Memasang Ring Jantung

Operasi bypass jantung akan dilakukan apabila pasien sebelumnya telah melakukan prosedur pemasangan ring namun tidak membuahkan hasil. Sebenarnya tindakan pasang ring menjadi langkah yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah. Akan tetapi pada beberapa pasien arteri kembali mengalami penyempitan. Saat inilah dokter akan mengambil tindakan bypass.

Sejauh ini semua prosedur demi menunjang kesehatan jantung telah dikebangkan dengan baik. tidak dapat dipungkiri bahwa jantung menjadi bagian yang paling penting bagi tubuh. Oleh karena itu seluruh tega ahli memusatkan perhatian pada penanganan kerusakan jantung seoptimal mungkin. Meskipun begitu anda harus tetap menjaga pola hidup sehat.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Struktural Jantung Pada Manusia

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in:Kesehatan