Human ResourcesTeknologi

4 Model Software HRIS Indonesia yang Banyak Dicari Perusahaan Saat Ini

HRIS Indonesia merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola sumber daya manusia, prosedur, dan kebijakan perusahaan. Software tersebut menjadi hal yang lumrah digunakan oleh berbagai perusahaan di era modern seperti sekarang. Dalam penggunaannya, terdapat beberapa model software HRIS yang paling banyak dipilih. Apa saja ?

Jenis Software HRIS yang Paling Banyak Dipilih

1. Software HRIS Operasional

Software HRIS operasional merupakan HRIS yang menyediakan semua data bagi manajer, yang dapat dimanfaatkan dalam membuat keputusan terkait dengan karyawan atau sumber daya manusia di perusahaan. Jadi sistemnya memang memungkinkan manajer untuk melihat keseluruhan data dari karyawan termasuk jabatannya, serta peraturan pemerintah yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.

Jenis HRIS operasional sendiri memiliki beberapa model turunan, yaitu employee information systems (EIS), position control systems (PCS), performance management information systems (PMIS), applicant selection and placement information systems (ASPIS), dan government reporting and compliance information systems.

2. Software HRIS Tactical

Jenis software HRIS Indonesia berikutnya yang banyak dipilih oleh berbagai perusahaan yaitu HRIS tactical. Fungsi utama dari perangkat lunak model ini yaitu untuk memberikan data pendukung kepada manajer. Sehingga data tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengambil keputusan dalam menekan alokasi sumber daya.

Sistem HRIS tactical umumnya akan mengurusi beberapa hal dalam bidang HR. Mulai dari analisis pekerjaan, keputusan rekrutmen, rencana kompensasi karyawan, pelatihan dan pengembangan karyawan, dan lain sebagainya. Dan untuk mengelola kebutuhan HR tersebut, software HRIS jenis ini memiliki modul yang sudah terintegrasi.

3. Software HRIS Strategic

Software HRIS strategic juga merupakan salah satu jenis perangkat lunak HRIS yang memiliki pilihan modul terintegrasi. Fungsinya yaitu untuk membantu perusahaan dalam menyelaraskan strategi dengan para karyawannya. Caranya yaitu dengan melakukan melalui goal alignment dan performance review.

Bisa dibilang bahwa HRIS strategis berfokus pada proses perencanaan perkembangan karyawan, negosiasi karyawan, dan software pendukung untuk pekerjaan dalam posisi tertentu. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengetahui dengan jelas terkait sumber daya manusia dan perencanaan pekerjaannya secara menyeluruh.

4. Software HRIS Comprehensive

Menghasilkan laporan yang komprehensif merupakan tujuan dari model HRIS Indonesia satu ini. Dimana semua data yang ada dikumpulkan, disimpan, kemudian dikelola menggunakan perangkat lunak dengan sistem manajemen basis data. Sehingga HRIS pun mampu menghasilkan laporan komprehensif yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Sistem pengoperasiannya tersebut menggunakan komputer yang telah menghasilkan database SDM. Dimulai dari data karyawan, posisi, job description masing masing posisi, analisis perancangan kerjanya, dan masih banyak lagi. Itulah deretan data yang nantinya dikumpulkan sistem.

Itulah beberapa model software HRIS yang banyak dicari oleh perusahaan. Ketimbang anda memilih salah satu jenis, tentu akan lebih bagus apabila memilih perangkat lunak yang menggabungkan tipe tipe HRIS di atas. Dimana anda bisa menemukannya pada software SPISy dari Sakura System, yang multifungsi dan powerfull untuk digunakan di berbagai perusahaan di Indonesia.

 

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.